Kemenkes Siapkan Empat Tips Sehat Berhaji

Petrus - 12 July 2018
Ilustrasi. Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek (foto : Superradio/Nina Suartika)

SR, Jakarta – Kementerian Kesehatan berharap kepada para calon jemaah haji untuk dapat mengikuti tips sehat berhaji yang dikeluarkan Kemenkes. Terdapat empat tips yang wajib dilaksanakan agar ibadah haji dapat berjalan dengan lancar.

“Ada empat tips sehat barhaji yang harus dilaksanakan para calon jemaah haji, yaitu rutin olahraga jalan kaki sebelum berangkat haji, makan buah sebelum dan saat berhaji, istirahat yang cukup dan tidak merokok,” ujar Menteri Kesehatan, Nila F. Moelok, di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Kemenkes juga mengimbau para calon jemaah untuk waspada terharap penyakit Middle East Repiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) dan penyakit menular lainnya. Para jemaah sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi, serta banyak memakan buah dan sayuran.

“Istirahat yang cukup, memperbanyak minum serta menggunakan alat pelindung diri seperti payung, masker dan sandal, dapat menghindarkan diri dari penyakit menular yang dapat mengganggu kegiatan saat menunaikan ibadah haji,” kata Nila.

Nila mengatakan, kesiapan Kemenkes untuk menyambut jemaah haji 2018 diantaranya  menyediakan 204.000 unit kacamata untuk mengantisipasi cahaya terik, yang dapat berpotensi merusak mata. Kemudian, menyediakan 20.400 pasang sandal untuk mengantisipasi jamaah haji yang lupa membawa sandal.

“Kami juga mempersiapkan ratusan masker, tas, payung dan spray wajah untuk para jemaah yang menunaikan ibadah haji,” kata Nila.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.