Kemenkes Luncurkan Kartu Kesehatan Jemaah Haji Elektronik

Yovie Wicaksono - 19 July 2017
Kartu Kesehatan Jemaah Haji Indonesia Elektronik. Foto : (Superradio/Nina Suartika)

SR, Jakarta – Kementerian Kesehatan meluncurkan Kartu Kesehatan Jemaah Haji Elektronik. Kartu tersebut memuat data kesehatan haji dari awal sampai akhir, mulai dari pembinaan, pelayanan dan perlindungan jemaah haji, termasuk hasil pemeriksaan kesehatan.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Eka Jusup Singka mengatakan, kartu kesehatan jemaah haji elektronik ini berisi data penyederhanaan pencatatan dan pelaporan hasil pemeriksaan, dan pembinaan kesehatan jemaah haji dalam buku kesehatan jamaah haji dengan memanfaatkan tools SISKOHATKES.

“Kartu tersebut akan dibawa jamaah haji yang berangkat tahun 2017 ini, sebagai implementasi elektronik buku kesehatan jemaah haji. Selain data kesehatan juga ada identitas jemaah seperti nama, foto dan nomor kursi. Tahun ini akan digunakan embarkasi Jawa Barat dan tahun depan semua embarkasi”, ujar Eka di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Menurut Eka,  dengan kartu kesehatan jemaah haji ini, data akan lebih simpel, mudah dibawa, akses komputer langsung maupun gawai bagi petugas Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Selain itu, Kemenkes saat ini juga mulai meluncurkan haji sehat. Haji sehat ini berisi pentunjuk kesehatan jemaah haji yang dapat diakses melalui play store haji sehat.

“Adapun petunjuk itu berupa informasi untuk jemaah haji terutama di Arab Saudi yang berkenaan dengan tempat berobat dan telpon penting di Arab Saudi. Disamping itu juga merupakan self assessment kesehatan bagi jemaah haji,” kata Eka. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.