Kemah Pemuda Lintas Agama, Bukti Kerukunan Umat Beragama di Banyuwangi

Petrus - 15 July 2017
Kemah Pemuda Lintas Agama yang diselenggarakan oleh FKUB Kabupaten Banyuwangi, bertempat di lapangan Kedayunan Kecamatan Kabat dibuka oleh Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi memperoleh penghargaan Harmony Award dari Pemerintah Pusat, karena dinilai mampu menciptakan dan menjaga kerukunan umat beragama di Banyuwangi.

Salah satu bentuk kerukunan umat beragama di Kabupaten Banyuwangi adalah digelarnya Kemah Pemuda Lintas Agama, yang selenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyuwangi, di lapangan Kedayunan, Kecamatan Kabat, Sabtu (15/7/2017).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, Wawan Yadmadi dihadapan ratusan pemuda lintas agama menyampaikan, Pemkab Banyuwangi sangat mengapresiasikan kegiatan dari FKUB yang mengumpulkan pemuda lintas agama dalam sebuah kegiatan perkemahan bersama. Hal ini merupakan salah satu bentuk kerukunan umat beragama di Kabupaten Banyuwangi.

Home base pemuda lintas agama ini sudah saya siapkan di Dispora. Disana para pemuda dari unsur agama apa saja bisa berkumpul di kantor. Karena hal ini merupakan upaya peningkatan kualitas pemuda di Kabupaten Banyuwangi,” ujarnya.

Dikatakan juga oleh Wawan Yadmadi, salah satu program dari Dispora adalah pemantapan karakter building, mental dan spiritual dari pemuda. Sehingga dengan adanya kemah pemuda lintas agama yang digagas oleh FKUB ini, bisa memanfaatkan program kerja dari Dispora Kabupaten Banyuwangi, dalam rangka peningkatan kualitas SDM dari para pemuda.

Sementara itu, salah satu peserta Kemah Pemuda Lintas Agama, Antonius Sunaryo dari unsur Katolik menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemuda di Kabupaten Banyuwangi.

“Apalagi saat ini kan lagi marak berita-berita hoax dan bertujuan untuk memecah belah bangsa Indonesia. Dengan adanya kemah pemuda lintas agama ini, kami mengharapkan adanya tindak lanjut yang positif dan bertujuan untuk menangkal isu-isu yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa,” ujarnya.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.