Kelud Volcano Road Run, Lomba Lari Sekaligus Mengenalkan Obyek Wisata Kediri

Petrus - 9 October 2017
Kelud Volcano Road Run diikuti ratusan pelari (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar lomba lari bertajuk ‘Kelud Volcano Road Run’. Kegiatan yang merupakan bagian dari upaya mendongkrak jumlah wisatawan di Kediri ini diikuti sekitar 600 peserta dari berbagai daerah, bahkan manca negara.

Empat peserta dari manca negara yang ikut bersaing menjadi yang terbaik diantaranya berasal dari Korea Selatan, Filipina, dan Kenya. Teknis pelaksanaan lomba, peserta harus berlari menjadi yang tercepat menempuh jarak 10 kilometer dengan rute kondisi jalan yang menanjak.

“Melatih anak muda kita agar berani berlari dengan jarak 10 kilometer, kondisi jalan naik. Ini merupakan hal yang luar biasa,” terang Wakil Bupati Kediri, Masykuri, Minggu (8/10/2017).

Dalam lomba lari tahun ini, dua pelari asal Kenya tampil menjadi juara 1 dan 2. Para pemenang berhak menerima hadiah uang tunai sebesar Rp. 10 juta bagi juara 1, dan Rp. 5 juta untuk juara 2. Dua pelari asal Kenya ini berhasil sampai garis Finish dalam waktu kurang lebih satu jam.

Ditambahkan Masykuri, disamping kegiatan olah raga untuk menjaga kebugaran fisik, Kelud Volcano Road Run ini juga bertujuan untuk mengenalkan dan memasarkan obyek wisata yang ada di Kabupaten Kediri, terutama Pesona Alam Gunung Kelud.

“Kegiatan lomba lari naik ke puncak ini langka, karena biasanya di jalanan datar. Kita berikan tantangan kepada para anak muda,” ujarnya.

Perlombaan lari ini mengambil Start di Rest Area Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, dan Finish di Area Puncak Kelud. Jika dibandingkan dengan even pada tahun lalu, jumlah peserta pada tahun ini mengalami peningkatan.

Pelaksanaan lomba ini merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Kelud yang mulai dilaksanakan sejak 23 September 2017 lalu. Selain event Kelud Vulcano Road Run, juga diadakan lomba Kelud Bike Camp, serta pertunjukan kesenian Tradidional.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.