Kekurangan Surat Suara DPD Jatim, KPU Kabupaten Kediri Gelar Pemilihan Lanjutan

Yovie Wicaksono - 23 April 2019
KPU Kabupaten Kediri Gelar Pemilihan Lanjutan, Selasa (23/4/2019). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar pemilihan lanjutan (PSL)  untuk memilih Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Timur 2019 di TPS 1 yang berada di salah satu rumah warga bernama Ratmiasih (39), di Jalan Dr Soetomo, Dusun Sumber Kepuh, Desa Kaliboto, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, Selasa (23/4/2019) pagi.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Eka Wisnu Wardana  mengatakan, pemilihan lanjutan ini dilakukan karena masih ada 29 warga di TPS 1  yang belum menggunakan hak pilihnya karena pada saat pencoblosan berlangsung surat suara untuk calon anggota DPD Provinsi Jawa Timur kurang.

“Ya kekurangan surat suara ada 29, pemilih ya mungkin karena injury time tidak sempat mengambilkan. Sehingga dari 29 pemilih tersebut tidak terfasilitasi surat suara DPD,” Kata Eka Wisnu Wardana.

Dari kejadian itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri kemudian memberikan rekomendasi kepada KPU Kabupaten Kediri untuk kembali melaksanakan pemilihan lanjutan. “Hasil kajian dari teman-teman Bawaslu, bahwa kita diminta untuk memberikan haknya dengan cara mengadakan pemungutan suara lanjutan. Kita pun sudah menyiapkan segala sesuatanya dan Alhamdulillah hari ini sudah terlaksana,” imbuhnya.

Wisnu menilai, kekurangan 29 surat suara untuk DPD saat pencoblosan 17 April 2019 lalu dikarenakan kekurang cermatan dari petugas setting packing, saat belum diantar ke TPS. Sementara itu secara terpisah Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Umah mengapresiasi kinerja KPU karena telah menindaklanjuti rekomendasi yang telah diberikan.

“Ini hasil pengawasan kami, kemarin ada 29 orang yang belum terpenuhi hak pilihnya. Dari teman-teman mengeluarkan rekomendasi itu. Alhamdulillah hari ini terpenuhi,” ujarnya.

Diketahui, jumlah pemilih di TPS 1 Jalan Dr Soetomo, Desa Kali Boto, Kecamatan Tarokan, 191 orang dengan jumlah kehadiran 175 orang. Mereka yang kebagian surat suara untuk DPD Provinsi Jawa Timur berjumlah 146 orang, sementara sisanya 29 orang tidak kebagian surat suara dan hari ini terpaksa harus mengikuti pemilu lanjutan.

Salah satu pemilih, Musdi mengaku meski dirinya tidak begitu kenal dan tidak tahu wajah masing-masing calon DPD Provinsi Jawa Timur namun dirinya tetap datang untuk mencoblos menggunakan hak pilihnya. “Nggak kenal asal coblos saja, aturan pemerintah harus gini ya diikuti. Ini hak saya sebagai warga negara,” ujar Musdi.

Musdi kembali menjelaskan, sebenarnya  tanggal 17 April lalu dirinya juga sudah datang ke TPS namun tidak kebagian surat suara DPD Provinsi Jawa Timur.

Pelaksanaan pemilihan lanjutan di TPS 1 Desa Kaliboto, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri  mulai dilaksanakan pukul 07.00 – 13.00 WIB. (rh/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.