Kegiatan Beasiswa Terbesar Pertama di Indonesia Hadir di Surabaya

Yovie Wicaksono - 20 April 2019
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dalam WISH Festival 2019. Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Kegiatan beasiswa terbesar pertama di Indonesia yang mempertemukan para pemburu beasiswa, awardee, komunitas atau organisasi, lembaga penyedia beasiswa hingga pemerintah yang peduli pada bidang beasiswa dan pendidikan hadir di Surabaya, Jawa Timur, dalam World Indonesia Scholarship (WISH) Festival 2019, Sabtu (20/4/2019).

“Dalam WISH Festival 2019 ini kita ingin mensosialisasikan tentang beasiswa ke masyarakat luas, karena dari latar belakang permasalahannya kan kadang ada lembaga yang sudah membuat program beasiswa tapi tidak banyak orang itu tau, maka disini kita hadirkan lembaga-lembaga yang memiliki program beasiswa baik dari kedutaan luar negeri, dalam negeri, swasta, maupun pemerintah,” ujar Ketua Pelaksana WISH Jawa Timur Ido Nur Abdulloh.

Selain menghadirkan beberapa stand informasi beasiswa, WISH Festival 2019 juga menghadirkan workshop persiapan daftar beasiswa, mentoring beasiswa dari para alumni beasiswa, workshop bimbingan studi ke luar negeri, workshop dan IELTS pretest dari IDP Indonesia, workshop dan simulasi TOEFL dan TOIEC dari International Test Center, serta inspiring talk dari tokoh sukses di Indonesia.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak juga sempat berbagi pengalaman mengenai beasiswa yang pernah didapatkannya sejak lulus SMP hingga S3 di Jepang.

“Dulu saya lulus SMP mengambil beasiswa ASEAN di Singapura kemudian saya lanjut ambil beasiswa S2 dan S3 di Jepang. Dari semua pengalaman ini saya coba sharing tips lah untuk yang mau ambil kuliah S2 maupun S3 agar memperkuat personal statement, pentingnya rekomendasi yang tepat, research plan, sampai interview,” ujarnya.

Emil juga sangat mengapresiasi WISH Festival 2019 ini yang membuka peluang bagi anak-anak yang potensial untuk mencari, dan mengejar mimpi mereka dengan mengambil pendidikan di beberapa lembaga pendidikan terbaik dunia.

“Saya berharap bahwa event ini bisa membuka kesempatan seluas-luasnya untuk putra putri terbaik bangsa kita untuk mencari beasiswa dan mengejar mimpi mereka untuk bisa sekolah di lembaga pendidikan terbaik,” tambahnya.

Salah satu lembaga penyedia program beasiswa, Sekolah Relawan menawarkan program beasiswa Yatim Bright untuk anak-anak yatim piatu dan duafa agar mereka bisa melanjutkan pendidikannya.

“Yatim Bright ini di prioritaskan untuk anak yatim piatu dan duafa dari tingkat SD, SMP, SMA, dan Kuliah, karena banyak sekali anak yang memang dia masih bersemangat sekolah, mencari ilmu, tapi dalam kondisi keluarga yang mungkin sulit, atau tidak mampu untuk membiayai mereka, sehingga mereka terpaksa putus sekolah,” ujar Philanthropy Service Officer Tedi Riansyah.

Yatim Bright tidak hanya memprioritaskan prestasi anak, tapi lebih kepada keinginan anak yang tinggi untuk bersekolah. Setiap 6 bulan sekali Yatim Bright juga akan melakukan evaluasi kepada penerima beasiswa mengenai hasil belajarnya.

“Syarat untuk program Yatim Bright ini harus ada rekomendasi dari kakak asuh atau dari mentor sebagai penanggung jawab yang mengontrol anak ini selama mendapatkan beasiswa, jadi siapa aja bisa daftar asal dia masuk dalam kriteria yang ada seperti yatim, duafa, WNI, dan  keinginan bersekolahnya juga tinggi,” ujar Tedi.

Salah satu mahasiswi semester empat Universitas Airlangga Surabaya Yuslina Kusumandari (19) mengatakan, adanya WISH Festival 2019 ini sangat membantu mereka yang sedang mencari beasiswa seperti dirinya.

“Menurut saya ini acaranya bagus. Saya sendiri sekarang sudah semester empat jadi emang tahunnya untuk cari beasiswa kan, dan dievent kali ini saya bisa dapat informasi sebanyak-banyaknya tentang beasiswa,” ujarnya.

Sekedar informasi, WISH Festival akan hadir di 21 kota dan provinsi di Indonesia. Surabaya, Jawa Timur merupakan lokasi pertama yang dikunjungi WISH Festival 2019, kemudian akan digelar di Padang, Bandung, Lampung, Pekanbaru, Medan, Aceh, Jayapura, Makassar, Gorontalo, Ternate, Semarang, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, Kupang, Mataram, Bali, Palembang, Yogyakarta, dan Jakarta. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.