Kebersamaan Dalam Buka Puasa Bersama Umat Islam dan Katolik di Banyuwangi

Petrus - 6 June 2017
Umat Katolik bersama umat Islam mendengarkan tauziah pada acara Buka Puasa Bersama, yang diadakan Paroki Kristus Raja, Genteng, di lapangan Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

Kebersamaan Dalam Buka Puasa Bersama Umat Islam dan Katolik di Banyuwangi

SR, Banyuwangi – Sebagai bentuk toleransi dan kebersamaan antar umat beragama, umat Katolik Paroki Kristus Raja, Genteng, menggelar buka puasa bersama dengan umat Islam di lapangan Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (4/6/2017).

Pastor Paroki Kristus Raja, Romo Antonius Suwahyo mengatakan, acara yang dilaksanakan bersama umat Muslim ini merupakan bentuk syukur dari umat Katolik, dalam penutupan masa Paskah dan perayaan Pentakosta.

“Selain menggelar misa sebagai bentuk syukur, kami juga merayakan dengan makan bersama. Namun karena saat ini masih bulan suci Ramadhan, maka makan bersama kami ubah dengan mengundang umat Muslim yang berada di sekitar Taman Doa Antaboga. Kami kemas dengan bentuk buka puasa bersama,” ujarnya.

Dikatakan oleh Romo Suwahyo, selain mengundang umat Muslim disekitar Taman Doa Antaboga, pihaknya juga mengundang aparat desa setempat, serta pihak Perhutani Selatan sebagai penguasa wilayah.

Sementara itu, Kyai Riyadi yang hadir memberikan tauziah dalam acara buka puasa bersama umat Katolik tersebut menyampaikan, buka puasa bersama ini adalah wujud kerukunan umat beragama di wilayah desa Kaligondo.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada umat Katolik, yang sudah menyediakan takjil dan menu buka puasa bersama ini. Kami harapkan kebersamaan dan kerukunan umat beragama ini bukan hanya sampai disini, namun akan tetap langgeng. Sehingga di wilayah Genteng ini, akan tercipta kedamaian dan kerukunan antar umat beragama,” ungkapnya.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.