KBS Sambut Kehadirian 3 Anakan Satwa yang Baru lahir

Petrus - 11 June 2018
Pawang Unta di KBS memberi susu kepada anak unta yang baru lagi beberapa minggu yang lalu (foto : Superradio/Srilambang)

SR, Surabaya – Kebun Binatang Surabaya memiliki 3 anggota baru, setelah dalam bulan Mei hingga Juni terdapat 3 kelahiran satwa, yaitu anakan dari Kuda Nil (Hippothamus amphibius), anakan Unta Punuk Satu (Camelus dromedaries), dan anakan Kuda Nil Kerdil (Choeropsis liberensis).

“Alhamdulillah ketiganya lahir sehat dan dalam pengawasan tim medis kami,” kata Chairul Anwar, Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS-KBS), Minggu (10/6/2018).

Anakan Kuda Nil bernama Alexander yang merupakan satwa asli Afrika ini, lahir dari induk bernama Agustin (32), dan pejantan bernama Ra (19), setelah melalui proses bunting selama 8 bulan. Sedangkan anakan Kuda Nil Kerdil bernama Malika lahir dari induk bernama Devi (33) dan pejantan bernama (38). Total koleksi Kuda Nil berjumlah 6 ekor, dan 6 ekor Kuda Nil Kerdil.

“Saat ini masih dalam satu kandang dengan induknya, dan sedang mendapatkan collostrum atau susu dari induknya,” ujar Chairul Anwar.

Sementara itu, anakan Unta bernama Aminah, lahir dari induk bernama Milo (14) dan pejantan bernama Okky (25), setelah melalui masa bunting selama 13 bulan. Penambahan satwa unta ini menambah koleksi Kebun Binatang Surabaya menjadi 8 ekor.

“Yang menjadi menarik adalah anakan Unta ini bulunya putih, jadi agak beda dengan indukannya. Tim medis kami masih meneliti penyebabnya apa, apakah semacam albino atau apa kita belum tahu,” terang Chairul Anwar.

Keberadaan anakan satwa yang baru lahir ini, diharapkan menjadi daya tarik pengunjung Kebun Binatang Surabaya, khususnya yang belum pernah mengetahui jenis satwa itu.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.