Kasus Tuti Tursilawati, Dubes Arab Akui Masih Tunggu Notifikasi

Yovie Wicaksono - 14 November 2018
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi saat Memberikan Keterangan Pers di Jakarta. Foto : (Super Radio/Nina Suartika)

SR, Jakarta – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi mengatakan pihaknya masih menunggu penjelasan dari Pemerintah Arab Saudi soal notifikasi Tuti Tursilawati, buruh migran asal Majalengka yang telah dieksekusi mati pada 29 Oktober lalu di Kota Taif. Notifikasi merupakan hak keluarga untuk mengetahui kondisi keluarganya di Arab Saudi.

“Saya sendiri masih menunggu informasi dari pemerintah saya berkaitan dengan apakah kedutaan telah menerima notifikasi berkaitan dengan masalah tersebut,” kata Osama, Rabu (14/11/2018).

Menurutnya, pemerintah Indonesia telah mengirimkan permintaan penjelasan dari pemerintah Arab Saudi. Hingga kini, ia juga masih tetap menanti keterangan dari pemerintah Arab terkait notifikasi tersebut.

“Masalah itu pernah disinggung dan dibahas bapak Menlu Saudi waktu berkunjung ke Indonesia dan kita susul ke pemerintahan Indonesia apakah ada notifikasi. Tapi sampai saat ini kita masih menanti dari pihak Saudi,” katanya.

Osama menegaskan persoalan hukuman mati ini tidak akan mempengaruhi hubungan baik antar negara. “Saya tekankan bahwa kasus-kasus yang berkaitan dengan peristiwa hukuman mati tentu tidak akan berpengaruh dengan hubungan baik dari kedua negara,” kata Osama.

Sebelumnya, eksekusi mati Tuti Tursilawati oleh pemerintah Arab disebut tanpa notifikasi terlebih dahulu kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia. oleh karena itu, Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi telah melayangkan protes keras kepada Kerajaan Arab Saudi yang telah mengeksekusi Tuti Tursilawati. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.