Kampanye Hidup Sehat, Kodam Iskandar Muda Gelar Tour Sabang-Jakarta 3000K

Petrus - 18 October 2017
Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fahruddin melepas peserta Tour Sabang-Jakarta 3000K (foto : istimewa)

SR, Banda Aceh – Menyambut Hari Kesehatan Nasional 2017, seluruh jajaran Kodam Iskandar Muda menyelenggarakan Tour Sabang-Jakarta 3000K untuk mengkampanyekan hidup sehat.

“Tahes, tahes, tahes! Orang bilang kesehatan itu mahal. Mahal itu kalau sakit. Sebenarnya kalau pelihara kesehatan, kita sehat terus itu murah. Bangun tidur, sholat subuh, olah raga 30 menit minimal,” kata Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fahruddin, Selasa (17/19/2017).

Fahruddin mengatakan, di jajarannya Kodam Iskandar Muda banyak sekali klub gowes. Pada saat yang sama juga ada funbike dengan rute lebih jauh. Bahkan setiap Jumat-Sabtu-Minggu, Kodam juga menyelenggarakan “gowes bareng”.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Komunitas Kesehatan Indonesia (Koseindo) Brigjen TNI (Purn) Supriyantoro,  melantik pengurus Komunitas Kesehatan Indonesia (Koseindo) Cabang Aceh. Kepala Dinas Kesehatan Nangroe Aceh Darussalam dr. Hanif dipercaya sebagai Ketua Koseindo Cabang Aceh untuk masa tugas 2017-2022.

Kegiatan funbike, senam bersama dan pelantikan pengurus cabang Koseindo di Makesdam Aceh ini dilaksanakan untuk memeriahkan sekaligus sambut-lepas tim inti “Koseindo – IndoHCF Tour de’Sabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat”.

Tim Group Etape A telah menyelesaikan etape 1 dari titik Nol Kilometer Sabang hingga Kantor Makesdam Iskandar Muda di Banda Aceh. Selanjutnya Tim meneruskan Etape 2 pada Grup Etape A hingga nanti sampai pemberhentian Tebing Tinggi.

Selain menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional dan kampanye hidup sehat, Tour Sabang – Jakarta 3000K dimaksudkan untuk memperkenalkan potensi alam, budaya, adat dan istiadat mulai dari Sabang sampai Jakarta.

Rute Tour Sabang-Jakarta 3000K menempuh 20 etape yang dikelompokan menjadi 3 group etape, yaitu group A Sabang-Tebing Tinggi (935,7 KM), group B Tebing Tinggi-Jambi (1.104,7 KM) dan group C Jambi-Jakarta (880,7 KM) dengan total waktu tempuh sekitar 3-4 minggu.

Para pegowes ini direncanakan mencapai titik akhir dan diterima oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek pada acara puncak Hari Kesehatan Nasional ke-53 (12/11/2017). di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.