KAI Daop Jember Buka Pemesanan Tiket Lebaran

Fena Olyvira - 25 February 2019
Ilustrasi Kereta Api Sembrani. Foto : (flickr)

SR, Jember – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 mulai melayani pembelian tiket kereta api untuk masa angkutan Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sejak hari ini, Senin (25/2/2019), sesuai dengan kebijakan KAI yang menerapkan penjualan tiket 90 hari sebelum keberangkatan (H-90).

“Berdasarkan kalender nasional, Lebaran tahun ini akan jatuh pada 5-6 Juni 2019, sehingga bagi para calon penumpang yang ingin mendapatkan tiket KA Lebaran segera mempersiapkan diri untuk membeli tiket, agar tidak kehabisan karena penjualan tiket dibuka mulai hari ini,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif kepada Antara di Jember, Jawa Timur.

PT KAI menerapkan penjualan tiket sejak H-90, sehingga penumpang yang akan mudik pada 26 Mei 2019 atau H-10 Lebaran dapat memesan tiket pada 25 Februari 2019 pada pukul 00.00 WIB.

“Pemesanan dapat dilakukan di laman kai.id, KAI Access, mulai pukul 00.00 WIB, sedangkan untuk channel eksternal menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI,” tuturnya.

Menurutnya, tidak ada penambahan kereta api (KA) baru di wilayah Daop 9 untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa angkutan Lebaran 2019, namun kemungkinan rangkaian KA reguler yang ada akan dimaksimalkan. Penambahan gerbong di sejumlah rangkaian KA akan disesuaikan dengan kapasitas dan animo masyarakat di lapangan.

“Selama Lebaran 2019, KAI Daop 9 Jember mengoperasikan delapan KA reguler untuk KA jarak menengah dan jarak jauh serta empat perjalanan KA lokal, sehingga KAI Daop 9 menyediakan 8.522 tempat duduk setiap harinya,” katanya.

Dalam rangka menghadapi peningkatan jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah melakukan langkah antisipasi berupa tuning dan optimalisasi database sistem ticketing, serta penambahan application server dan bandwidth internet sebanyak dua kali lipat dari hari biasa yang bertujuan agar proses pemesanan tiket dapat berjalan dengan lancar.

“KAI meminta agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari untuk mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019. Bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar, agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit, karena jika tidak, maka tiket yang dipesan akan terjual kembali,” ujarnya.

Luqman juga mengingatkan kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di jaringan resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar. PT KAI berharap masyarakat dapat menjadikan kereta api sebagai moda transportasi pilihannya pada angkutan Lebaran 2019.

“Di Daop 9, khususnya kereta jarak menengah seperti KA Mutiara Timur dan KA Probowangi, serta kereta jarak jauh seperti KA Logawa dan KA Sritanjung sudah terjual habis pada H-7 dan H+7 jauh-jauh hari sebelum keberangkatan,” tambahnya.

Setiap hari, di Daop 9 Jember tercatat delapan keberangkatan KA jarak jauh dan menengah yakni KA Mutiara Timur siang dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur malam dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, kemudian KA Sri tanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Tawang alun relasi Banyuwangi-Malang, KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma relasi Banyuwangi-Cilacap, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi relasi Jember-Banyuwangi PP. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.