Josmart Gelar Lomba Memancing

Yovie Wicaksono - 24 March 2019
Ribuan masyarakat berburu ikan lele di saluran irigrasi persawahan sungai Bok Wesi Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Minggu (24/3/2019). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Dengan berbekal peralatan mancing, ribuan masyarakat berburu ikan lele di saluran irigrasi persawahan sungai Bok Wesi Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, untuk mengikuti lomba memancing yang digelar relawan Jokowi Smart (Josmart), Minggu (24/3/2019).

Lomba memancing tidak hanya diikuti oleh kaum pria, namun juga perempuan. Pihak penyelenggara menyediakan ikan lele sebanyak 1 kwintal.

Dari sekian banyak ikan lele, jika ada peserta yang mendapatkan salah satu dari 5 ekor lele kategori master berukuran kurang lebih empat sampai lima kilo, akan mendapatkan hadiah utama berupa helm atau kipas angin.

Ketua pelaksana lomba mancing Sukandri mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih seribu peserta, yang bukan hanya dari wilayah Kecamatan Mojoroto saja, melainkan juga seluruh masyarakat Kota Kediri.

“Harapanya dengan adanya kegiatan ini, masyarakat lebih mengenal kiprah dan kinerja dari bapak Presiden Joko Widodo dan Kyai Ma’ruf Amin, sehingga ke depan beliau bisa menduduki jabatan untuk kedua kalinya,” ujar Sukandri.

Disamping itu, dengan adanya kegiatan ini dinilai membawa dampak positif bagi lingkungan masyarakat sekitar, yang berjualan makan minuman dilokasi serta munculnya keberadaan tukang parkir dadakan.

“Yang jelas itu, dengan adanya kegiatan ini bisa kita lihat kawan kawan bisa parkir. Kemudian masyarakat di lingkungan sekitar mampu berdagang untuk mendapatkan penghasilan dari proses kegiatan mancing gratis ini,” tambahnya.

Srikin (55) salah satu peserta lomba yang berasal dari Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri ini rela datang sendirian berangkat dari rumah sejak pagi untuk mengikuti perlombaan ini.

Ia merasa tertantang untuk mengikuti lomba tersebut dan tidak mau kalah dengan peserta pria.

“Alhamdulilah saya dapat door prize, karena dinilai pihak panitia sebagai perempuan tercepat mendapatkan ikan. Umpan yang saya pakai menggunakan jangkrik,” ujarnya.

Srikin berharap, kegiatan ini tidak hanya sekali ini saja diselenggarakan tetapi harus secara berkelanjutan.

“Mau saya ya kapan kapan ada lagi acara seperti ini, buat hiburan masyarakat,” ujarnya.

Sekedar informasi, sungai Bok Wesi memiliki kedalaman sekitar dua sampai tiga meter dengan dikelilingi hamparan sawah nan hijau. Lokasinya berada di lereng kaki Gunung Wilis. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.