Jokowi: Kampanye Jangan Korbankan Kesatuan

Yovie Wicaksono - 8 April 2019
Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi). Foto : (Istimewa)

SR, Kupang – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) sependapat apabila dalam setiap kampanye selalu menampilkan keberagaman dan kebhinnekaan.

“Saya sepakat sekali bahwa setiap kampanye itu yang dikemukakan kebhinnekaan, keberagaman, dan yang penting adalah kesatuan kita sebagai negara,” kata Jokowi di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/4/2019).

Hal ini disampaikan Jokowi saat ditanya wartawan mengenai pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengkritik konsep atau ‘run down’ kampanye akbar Prabowo-Sandi di GBK.

SBY di surat yang ditujukkan kepada Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan, Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsudin, Waketum Syarief Hasan itu, menyebut konsep kampanye pasangan 02 tidak lazim dan tidak inklusif.

“Saya kira memang seperti itu, payung yang bagus untuk mengingatkan kita semuanya bahwa kontestasi politik ini ada setiap 5 tahun. Jangan mengorbankan kesatuan kita, persatuan, persaudaraan, kerukunan,” lanjut dia.

Sejak awal kampanye, Jokowi menyampaikan ia selalu mengusung kampanye yang tidak berbau sara dan politik identitas.

“Ya sejak awal saya tunjukkan itu keberagaman, kebhinnekaan dalam seni budaya, karnaval. Saya kira itu yang memang kita hindari politik identitas, politik sara,” ujar Jokowi. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.