Jokowi Janji Kurangi Ketergantungan Energi Fosil

Yovie Wicaksono - 18 February 2019
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kanan) berjabat tangan Cawapres Ma'ruf Amin (kanan), Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kiri) dan Ketua TKN Erick Thohir seusai memberikan keterangan terkait formasi tim sukses kampanye nasional Pilpres 2019 di Jakarta, Jumat (7/9/2018). Foto : (Antara)

SR, Jakarta – Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil. Ke depan, Indonesia akan mengerjakan pemakaian biodiesel dan green fuel.

“Ke depan kita ingin sebanyak-banyaknya mengurangi pemakaian energi fosil, sehingga pemakaian biodiesel, pemakaian green fuel akan kita kerjakan. Sudah kita mulai dengan melakukan produk di B20. Ini akan kita teruskan sampai ke B100 sehingga ketergantungan kita pada energi fosil akan semakin dikurangi dari tahun ke tahun,” ujar Joko Widodo dalam debat Capres di Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam.

Terkait dengan bidang infrastruktur, calon petahana ini mengatakan dalam tiga tahun, ia bersama dengan para menteri yang berada dalam Kabinet Kerja telah menggelontorkan Rp 187 triliun dana desa ke desa-desa.

Dari dana tersebut, telah dibangun 191 ribu kilometer jalan di desa. “Ini jalan produksi yang sangat bermanfaat bagi para petani dan juga 58 ribu unit irigasi yang telah kita bangun dari dana desa,” kata Jokowi.

Di bidang pangan, Jokowi menegaskan bahwa ketersediaan pangan, stok pangan, dan stabilitas harga harus terus terjaga. Ia pun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para petani jagung.

“Kita ingat di 2014 kita masih impor 3,5 juta ton jagung. Tahun 2018 kita hanya impor 180 ribu ton jagung. Artinya ada produksi 3,3 juta ton yang telah dilakukan petani, sebuah lompatan besar,” kata Jokowi.

Di bidang lingkungan hidup, Jokowi menginginkan agar kebakaran hutan dan lahan gambut tidak terjadi lagi. Ia pun mengatakan bahwa hal tersebut sudah bisa diatasi. Dalam tiga tahun ini tidak terjadi lagi kebakaran lahan, hutan, kebakaran lahan gambut.

“Kita juga ingin mengurangi sampah plastik di sungai maupun di laut. Saya kira itu dedikasi yang ingin kita berikan pada bangsa ini untuk Indonesia maju,” kata Jokowi. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.