Jokowi – Amin Unggul di Dapil Jatim IX

Fena Olyvira - 15 January 2019
Ilustrasi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2019. Foto : (Kompas)

SR, Tuban – Pasangan Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin sampai saat ini masih unggul di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur (Jatim) IX dengan elektabilitas sebesar 54,1 persen. Sementara elektabilitas pasangan Prabowo Subianto – Sandi Uno sebesar 10,2 persen, dan sisanya 35,7 persen belum menentukan pilihan.

Hal tersebut terungkap dari paparan temuan hasil survei Indopolling Network pada diskusi bertajuk “Peta Elektoral Capres dan Parpol di Dapil Jatim IX Jelang Pemilu 2019” yang dilaksanakan di Tuban, Jawa Timur, Selasa (15/1/2019).

Survei berlangsung di Dapil Jatim IX, selama periode 11-21 Desember 2018 dengan jumlah responden 880 orang. Metode servei yang digunakan adalah  Multi Stage Random Sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error (MoE) sebesar 3,2 persen.

Pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin terlihat unggul di semua zona wilayah dapil DPRD Kabupaten baik di Kabupaten Tuban maupun Bojonegoro. Mayoritas masyarakat di dapil Jatim IX juga menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla (JK).

“Tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi di dapil IX Jatim  mencapai 78,1 persen. Meski demikian masih terdapat 13,6 persen publik di dapil Jatim IX yang tidak puas. Sisanya 8,2 persen tidak menjawab,” ujar Direkrut Riset Indopolling Network Dewi Arum Nawangwungu.

Kinerja pemerintahan Jokowi – JK mendapatkan apresiasi yang cukup baik dan dianggap berhasil dalam hal  penyelenggaraan pendidikan terjangkau (78,8 persen), penyelenggaraan layanan kesehatan (77,8 persen), pembangunan infrastruktur (70,1 persen) menyediakan kebutuhan pokok (67,8 persen).

Sedangkan kinerja yang  masih dianggap kurang berhasil oleh publik di dapil Jatim IX diantaranya dalam  hal penyediaan lapangan kerja dan pemberantasan korupsi. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.