Job Fair Banyuwangi Buka 2000 Lowongan Kerja

Petrus - 7 September 2017
Ratusan orang menyerbu stand dari 50 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di Job Fair 2017 di Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Bursa kerja atau Job Fair selalu menjadi dayak tarik dan selalu dimanfaatkan bagi ribuan lulusan baru di Banyuwangi. Terbukti, pembukaan Job Fair di Gor Tawang Alun Banyuwangi, Rabu (6/9/2017), langsung diserbu calon tenaga kerja.

Dalam gelaran Job Fair kali ini, setidaknya ada 50 lebih perusahaan lokal dan nasional yang mengikuti Job Fair dengan estimasi sekitar 2.000 lebih lowongan kerja.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko mengatakan, bursa kerja ini rutin digelar Pemkab Banyuwangi untuk membantu calon tenaga kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensinya. Kegiatan ini mempertemukan secara langsung antara perusahaan dengan calon tenaga kerja yang dibutuhkan.

“Calon tenaga kerja bisa langsung memilih pekerjaan yang cocok dengan keahliannya. Begitu pun perusahaan, bisa langsung menggelar wawancara dengan pelamarnya. Jadi bisa lebih klop,” kata Yusuf.

Untuk memperluas kesempatan kerja dan penyaluran tenaga kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banyuwangi, juga harus terus membangun sinergi dengan semua pihak termasuk pasar luar negeri.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Disnakertrans Banyuwangi, Khoirulloh menambahkan, Job Fair yang digelar sejak 2013 dirasa cukup efektif untuk menekan jumlah pengangguran. Tahun pertama (2013), mampu menyerap 1.000 tenaga kerja. Tahun 2014-2016, masing-masing menyerap sekitar 800 tenaga kerja.

“Semoga tahun ini bisa lebih banyak, sehingga secara bertahap, kesejahteraan di Banyuwangi juga meningkat,” harapnya.

Pelaksanaan Job Fair akan dibuka selama tiga hari, yakni tanggal 6-8 September mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Bagi para calon pelamar, lanjut Khoirulloh, cukup membawa surat lamaran dan persyaratan lain yang diperlukan. Misalnya, foto copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi, pas photo terbaru, dan KTP. Selain itu, pengurusan AK1 atau kartu kuning bisa diurus secara gratis saat pelaksanaan Job Fair.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.