Jembatan Wijaya Kusuma Kediri Diresmikan

Petrus - 29 May 2018
Sejumlah Menteri dan pejabat di Kementerian PU PR, Kementerian Perhubungan dan Pemkab Kediri, usai meresmikan beroperasinya Jembatan Wijaya Kusuma di Kabupaten Kediri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Proyek pengerjaan jembatan penghubung dua wilayah Kecamatan Mojo-Ngadiluwih, Kabupaten Kediri telah selesai pengerjaannya. Jembatan yang pengerjaannya dimulai pada April 2017 dinamai Jembatan Wijaya Kusuma.

Peresmian jembatan ini dihadiri tiga menteri, yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadmuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selain itu Bupati Kediri Haryanti Soetrisno juga hadir pada peresmian jembatan ini.

Pembangunan jembatan Wijaya Kusuma menggunakan anggaran dari APBN. Ini merupakan salah satu upaya mendukung agenda prioritas pemerintah dalam Nawacita, yaitu percepatan pembangunan infrastruktur yang komprehensif, menciptakan konektivitas, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Tentunya ini menjadi program Nawacita Bapak Presiden,” singkat Pramono Anung, Menteri Sekretaris Kabinet, Selasa (29/5/2018).

Menurut Pramono Anung, di semua daerah terutama di Indonesia Timur, sebelumnya kebutuhan pokok sehari-hari sangat mahal, kini turun 15 sampai 20 persen. Dengan keberadaan jembatan ini, diharapkan dapat menopang perekonomian masyarakat, terutama para petani yang tinggal di wilayah Kecamatan Mojo.

“Terutama di Kecamatan Mojo, hasil panenya bisa dikirim ke pasar-pasar yang ada di timur sungai, dengan harga kopetitif,” ujar Pramono.

Sebelum jembatan ini dibangun pada tahun 2017 lalu, para petani sempat merasa kesulitan untuk mengirim hasil panen ke wilayah timur sungai.

Jembatan Wijaya Kusuma memiliki panjang bentang 182,84 meter, lebar 2 meter bahu jalan, 7 meter jalan, dan 2 meter bahu jalan, dengan pondasi tiang pancang 600 meter. Proyek dikerjakan dengan nilai kontrak sekitar Rp.32 milyar.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.