Jelang Pilkada, KPU Magetan Dirikan Rumah Pintar

Petrus - 31 March 2017
Para pelajar mengikuti sosialisasi pemilu di rumah pintar, di Magetan (foto : Superradio/Sugeng Harianto)

SR, Magetan – Menjelang dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bulan September 2017, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan mendirikan Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Rumah Pintar Pemilu dengan nama Jalak Lawu, bertempat di kantor KPUD Magetan di Jalan Karya Dharma No 70 Magetan. Rumah Pintar Pemilu bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan Pemilu menjadi Pusat Informasi Kepemiluan.

Ketua Kpu Kabupaten Magetan, Hendrat Subiakto mengatakan, dengan adanya rumah pitar diharapkan dapat dimanfaatkan oleh calon pemilih pemula yang tentunya masih membutuhkan pembelajaran.

“Dengan adanya rumah pintar, para pelajar yang menjadi pemilih pemula dapat berkunjung setiap saat”, kata Hendrat, Jumat (31/3/2017).

Hendrat menambahkan, dalam rumah pintar  itu, terdapat empat ruang yakni ruang tunggu, ruang audio visual, ruang simulasi, dan ruang diskusi.

Sementara itu Ketua KPUD Jawa Timur, Eko Sasmito menjelaskan, saat ini sudah ada 8 wilayah kota yang sudah memiliki dan meresmikan rumah pintar, yakni Trenggalek, Tulungagung, Pacitan, Ponorogo, Magetan, Nganjuk serta Kabupaten dan Kota Kediri.

“Jatim sudah delapan, nanti lainnya menyusul, tahun ini insyaallah selesai semua,” ujar Eko.(sh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.