Jelang Mudik Lebaran, Menkes Sediakan Layanan Kesehatan Bagi Pemudik

Yovie Wicaksono - 15 June 2017
Ilustrasi. Mudik Gratis di Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Jakarta – Menjelang mudik Lebaran 2017 ini, Kementerian Kesehatan memfokuskan diri pada kesehatan para pemudik saat melakukan perjalanan mudik. Fokus utama Kemenkes yaitu pelayanan kesehatan dan pencegahan.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan, pelayanan kesehatan yang dilakukan meliputi layanan emergency 119 dan koordinasi pos pelayanan kesehatan di sepanjang jalur mudik oleh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Sementara untuk pencegahan kami melakukan pemeriksaan kesehatan pengemudi yaitu dengan  menilai status kesehatan dan kelayakan pengemudi. Juga promosi kesehatan berupa pesan, imbauan, dan peringatan dalam bentuk banner, spanduk, poster, flayer, dan leaflet,” kata Nila di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Dikatakan, ada 15 provinsi yang menjadi prioritas pemantauan yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Dari 15 Provinsi ini, terdapat 3722 Pos Layanan Kesehatan yang terdiri dari 913 Pos Kesehatan, 2228 Puskesmas, 374 rumah sakit, dan 207 kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Selain itu juga terdapat 3826 Pos Kesehatan di jalur mudik yang meliputi 3141 pos kesehatan dari Dinkes, 207 pos kesehatan dari KKP, 374 rumah sakit rujukan, dan layanan emergency sekitar 104 Public Safety Center (PSC). (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.