Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban di Kediri Merangkak Naik

Petrus - 18 August 2017
Jelang Idul Adha, harga hewan ternak untuk kurban di Kediri mengalami kenaikan (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Mendekati Hari Raya Idul Adha, harga jual hewan kurban di Kediri mulai merangkak naik. Kenaikan hewan kurban jenis Kambing dan Sapi dapat dilihat dari aktivitas di Pasar Hewan di wilayah Kelurahan Bandar Ngalim, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Menurut Sutarji, pedagang hewan kambing asal Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, mendekati Idul Adha mulai banyak pedagang hewan kurban yang menjual dagangannya di pasar hewan Kota Kediri. Kenaikan harga hewan kurban sudah terasa, dengan kenaikan sekitar 200 ribu rupiah untuk setiap hewan kurban.

“Kalau sekitar sini naik sedikit, yang paling kecil dua ribu (2 juta rupiah), besar tiga ribu (3 juta rupiah). Sebelumnya 18 (1,8 juta), naik 200 ribu,” kata Sutarji.

Pasar Hewan yang khusus buka pada hari Pahing dan Wage ini, menjadi jujugan bagi para pedagang, pengepul maupun pembeli hewan jenis kambing dan sapi.

“Ada pedagang yang datang dari beberapa kota selain Kediri, seperti Tulunganggung, Nganjuk, Blitar dan Jombang,” ujarnya.

Mulai merangkak naik harga dan permintaan hewan kurban menjelang Idul Adha, dari semula 1,8 juta rupiah menjadi 2 juta rupiah per ekor. Sementara Kambing ukuran besar dibandrol seharga 3 juta per ekor. Hewan kurban kambing yang dijual oleh pedagang rata-rata berjenis ettawa, dan presi gibas. Tidak hanya hewan qurban jenis kambing, harga Sapi juga ikut merangkak naik. Sedangkan untuk sapi, kenaikan berkisar antara 300 sampai 500 ribu rupiah.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.