Jaksa Agung Minta Jajarannya Bersiap Menghadapi Tahun Politik

Petrus - 9 March 2018
Sejumlah Kepala Kejaksaan Tinggi dan pejabat eselon II di lingkungan Kejaksaan, dilantik Jaksa Agung di Jakarta (foto : Istimewa)

SR, Jakarta – Jaksa Agung H. M. Prasetyo berpesan kepada seluruh pimpinan Kejaksaan, baik di pusat maupun daerah untuk bersiap menghadapi tahun politik. Menurutnya, insan Adhyaksa harus berperan aktif dengan meningkatkan koordinasi, sebagai upaya mencegah terjadinya akses negatif terkait penyelenggaraan Pilkada, Pileg maupun Pilpres.

Prasetyo mengatakan, suhu politik yang mulai meningkat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap segenap aspek kehidupan, sosial, politik dan tanpa kecuali kehidupan ekonomi negara. Menurutnya, kepastian hukum menjadi sangat penting, dan warga Adhyaksa di seluruh Indonesia harus mampu mewujudkannya.

“Tahun politik ini berpotensi mengganggu berbagai aspek kehidupan bernegara dan bermasyarakat,” ujar Prasetyo, saat melantik Kepala Kejaksaan Tinggi dan Pejabat Esselon II, di lingkungan Kejaksaan RI, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Selain itu, Prasetyo menghimbau jajarannya untuk mengoptimalkan keberadaan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) baik di tingkat pusat maupun daerah. Dengan demikian, penegakan hukum yang dijalankan tidak tertinggal, tetapi tetap seirama dengan kebijakan negara dan pemerintah yang ada.

Prasetyo berpesan, agar segenap jajaran Korps Adhyaksa mampu menjalankan peran serta fungsi menjadi instrumen, fasilitator dan akselerator pengawal maupun pengaman pemerintahan dan pembangunan.

“Meski kita tetap harus juga mengingatkan kepada semua pihak pencegahan yang dilakukan TP4 tidak menyurutkan langkah penindakan,” katanya.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.