Jaga Stabilitas Harga, Pemkot Surabaya Gelar Operasi Pasar Daging Ayam Murah

Petrus - 24 June 2018
Ilustrasi. Pemkab Ponorogo melakukan sidak harga sembako di bulan Ramadhan (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Surabaya – Dinas Perdagangan Kota Surabaya bekerjasama dengan distributor daging ayam, menggelar operasi daging ayam murah sebagai antisipasi lonjakan harga daging ayam ras dan menstabilkan kembali harga daging ayam ras yang terpantau pada kisaran harga Rp. 35 ribu hingga Rp. 40 ribu per kilogram di pasaran. Operasi daging murah ini berlangsung pada tanggal 23 hingga 30 Juni 2018.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, operasi daging murah bersama dengan distributor ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya untuk mengintervensi tingginya harga daging ayam di pasaran.

“Hasil pantauan kami bersama tim satgas pangan di lapangan, harga daging ayam ras saat ini masih tinggi. Maka dari itu, kami menggelar operasi daging murah, guna menekan lonjakan harga daging ayam ras di pasaran ,” kata Wiwiek, belum lama ini.

Wiwiek mengatakan, kualitas daging ayam ras yang dijual pada operasi daging ayam, sama dengan yang dijual di pasar-pasar tradisional, dan terjamin higienis atau kebersihannya.

“Per hari kami menyediakan 100 ekor daging ayam ras, dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp. 32 ribu, lebih murah dari harga normal,” ujar Wiwiek.

Beberapa titik yang menjadi lokasi operasi pasar terdapat di 10 lokasi, yakni outlet PT. Charon Pokphand, yang tersebar di Kota Surabaya, diantaranya di Jalan Bibis Karah 5, Pucang Anom 14, Manukan Tengah 51- j/X, Kutisari Selatan 38, Penjaringansari Blok PS IG no. 33, Petemon Kali 74, Ruko Karah Agung 42B, Raya Wiguna Tengah 18, Karang Empat Besar 37B, dan Raya Mulyorejo 238. Operasi pasar daging ayam itu akan dibuka pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB.

“Selain itu, juga terdapat pada outlet PT. Ciomas Adisatwa yang berada di tiga titik lokasi. Antara lain di Jalan Wonorejo I/30, Griyo Kebraon Selatan dan Kutisari Selatan III,” terangnya.

Masyarakat diimbau agar dapat memanfaatkan beberapa outlet yang menjual daging ayam murah itu, guna memasok kebutuhan masyarakat akan daging ayam. Pemkot Surabaya, kata Wiwiek, akan terus mengintervensi hingga harga daging ayam ras kembali normal.

“Silakan kepada masyarakat untuk mendapatkan daging ayam yang sehat, aman, utuh dan halal, di beberapa outlet yang telah kami sediakan,” lanjutnya.

Pemkot Surabaya juga akan menambahkan titik lokasi penjualan daging ayam murah, yang rencananya akan ditempatkan di empat lokasi pasar, yaitu Pasar Wonokromo, Pucang, Tambak Rejo, dan Pasar Kembang.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.