Instruksi Menko Polhukam Kepada Aparat TNI-Polri Jelang Pemilu 2019

Yovie Wicaksono - 15 April 2019
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto bersama sejumlah aparat kepolisian dan TNI di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4/2019). Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memberikan sejumlah instruksi kepada aparat kepolisian dan TNI menjelang hari pemungutan suara. Ia berharap pemilu dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

“Ada beberapa hal yang harus dilaksanakan. Pertama, berikan dan ciptakan ruang yang aman bagi para pemilih untuk dapat bergerak, berangkat dari rumah ke TPS dan melaksanakan pilihan yang bebas dari tekanan,” ujar Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Kedua, kata Wiranto, bantu penyelenggara pemilu apabila masih ada sesuatu yang kurang. Ketiga, pasang mata dan telinga, netralisir setiap indikasi yang mengganggu pemilu, terutama di TPS-TPS, cari, temukan dan atasi sebelum mereka mengganggu pemilu. Keempat, kawal mobilisasi dan penghitungan secara ketat untuk tidak ada gangguan atau menghindari kecurangan-kecurangan yang mengganggu penghitungan suara.

“Jaga netralitas sebagai aparat keamanan yang baik dan terpercaya. Terakhir, tetap gunakan moto yang dulu pernah saya sampaikan bahwa mengamankan pemilu adalah kehormatan, pemilu sukses adalah kebanggan kita sebagai bangsa,” kata Wiranto.

Wiranto juga kembali mengingatkan agar pemilu dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses. Aman berarti para pemilih nanti dapat berangkat dari rumah sampai TPS dengan aman, tanpa tekanan, tanpa ancaman,  dan dapat melaksanakan hak pilih mereka dengan bebas dan tetap rahasia. Lancar berarti para penyelenggara harus sudah siap melakukan tugas di seluruh wilayah dan tentu persiapan penghitungannya. Dan sukses diharapkan pencoblosan ini menghadirkan suara rakyat yang dapat melaksanakan pilihan mereka masing-masing, sehingga dapat  menghadirkan di semua daerah pemimpin berkualitas, pemimpin yang dapat membawa bangsa ini lima tahun ke depan lebih baik lagi.

“Tidak mungkin tanpa keamanan pemilu akan lancar, kelancaran pemilu juga menjamin suksesnya pemilu. Maka tahapan ini harus dapat dilaksanakn dengan baik, keamanan pemilu berdasarkan kelancaran dan sukses pemilu karena ketiga ini hal ini ada korelasinya. Kalau masih ada indikasi atau pihak-pihak tertentu yang akan mengganggu jalannya pemilu, segera temukan. Cari, temukan dan netralisir itu,” kata Wiranto. (ns/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.