Inilah Bulan Baik Petani Garam

Yovie Wicaksono - 20 August 2017
Ilustrasi Garam. Foto : (vemale.com)

SR, Banyuwangi – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Banyuwangi  memprediksi bulan Agustus hingga November 2017 memasuki musim kemarau. Di bulan tersebut, terik matahari sangat bagus bagi pertanian garam.

Prakirawan BMKG Kabupaten Banyuwangi, Yustoto Windiarto mengatakan, daerah yang akan memasuki musim kemarau hingga November adalah Agustus Banyuwangi hingga Situbondo, Bondowoso, Jember hingga Probolinggo. Di daerah itu, curah hujan sangat sedikit dengan intensitas kurang dari 100 mm setiap bulannya.

“Dengan rendahnya intensitas hujan yang sangat rendah, otomotis intensitas matahari semakin tinggi,” ujarnya, Minggu (20/8/2017).

Dengan intensitas terik matahari yang sangat tinggi ini, merupakan berkah tersendiri bagi petani garam. Sehingga, petani garam yang biasanya memproduksi garam di pinggir pantai akan mudah untuk proses pembuatan garam.

Yustoto berharap dengan adanya terik matahari yang bagus di musim kemarau, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani garam. Terlebih, pada musim kemarau tahun ini, tidak sepanjang musim kemarau 2016 lalu. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.