Indonesia-Perancis Tandatangani MoU Pemberantasan Terorisme

Petrus - 29 March 2017
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerja menerima kunjungan Presiden Perancis beserta rombongan di Istana Negara, Jakarta (foto : Superradio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto menyatakan, pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Perancis di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/3/2017), salah satunya membahas persoalan cyber terorism. Dikatakan oleh Wiranto, saat ini tren kejahatan di dunia khususnya terorisme semakin meningkat.

”Kami menyadari kejahatan terorisme terjadi karena meningkatnya penggunaan cyber technology oleh mereka (teroris),” kata Wiranto.

Pada pertemuan itu, kedua negara sepakat dan menandatangani memorandum of understanding (MoU) tentang pemberantasan terorisme. Hal dilakukan karena kedua negara sama-sama pernah menjadi korban terorisme, sehingga ada kesadaran bahwa tanpa kebersamaan terorisme tidak mungkin diberantas.

“Dalam pembicaraan tadi, mereka (Presiden Joko Widodo dan Presiden Francois Hollande) menyampaikan penggunaan siber atau teknologi digital, sudah dipakai untuk latihan, penyebaran informasi, dan pembentukan opini. Tanpa kebersamaan, terorisme itu tidak mungkin diberantas,” kata Wiranto.

Dalam kunjungannya, Presiden Hollande membahas berbagai hal dengan Presiden Jokowi, mulai isu ekonomi hingga isu terorisme.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.