Indonesia Kecam Aksi Penembakan Masjid di Selandia Baru

Yovie Wicaksono - 15 March 2019
Foto : (Owen Sound Sun Times)

SR, Surabaya – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengecam keras aksi penembakan di Mesjid Annur di Christchurch, Selandia Baru, yang terjadi pada Jumat (15/3/2019), pukul 13.40 (waktu setempat).

Direktur Perlindungan WNI Kementrian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wellington terus memantau perkembangan situasi dan telah mengirimkan tim ke Christchurch untuk berkoordinasi dengan otoritas keamanan, rumah sakit dan Perhimpunan Pelajar Indonesia setempat.

Iqbal menambahkan, hingga saat ini tidak ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban dalam insiden tersebut, namun terdapat 331 WNI di Christchurch, termasuk 134 mahasiswa, dengan jarak Wellington ke Christchurch 440 kilometer.

“Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam kepada korban dan keluarga korban,” kata Iqbal, Jumat (15/3/2019).

Pemerintah menghimbau agar WNI di Selandia Baru untuk tetap waspada dan berhati-hati. Bagi keluarga dan kerabat yang membutuhkan informasi lebih lanjut dan bantuan konsuler, dapat menghubungi hotline KBRI Wellington,  (+64211950980) dan (+64 22 3812 065).

Sementara itu, dalam perkembangan terakhir, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyebut ada 40 orang meninggal dunia dalam insiden penembakan tersebut. (*/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.