Idul Adha, Pedagang di Kediri Terima Pasokan Peralatan Bakaran

Petrus - 22 August 2018
SR, Kediri – Momentum perayaan hari raya Idul Adha menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah pedagang peralatan bakaran tradisional. Dalam berapa hari terakhir sebelum Idul Adha,  sejumlah pedagang peralatan bakar sate maupun ikan di Kota Kediri mengaku mendapat pasokan atau kiriman tusuk sate, arang bakar, serta tempat panggangan untuk sate.
Dikatakan oleh Yus, salah satu pedagang peralatan bakar sate di pasar tradisional Kelurahan Bandar, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Peralatan bakar sate yang biasa ia jual sehari-hari, dikirim dari luar Kediri. Sedangkan untuk tusuk sate dipasok dari wilayah Trenggalek, kayu bakar arang dari Bojonegoro, serta tempat panggangan dari Tulunganggung.
“Semuanya dari luar kota, dari Bojonegoro untuk arangnya, tusuk sate dari Trenggalek, panggangan dari Tulunganggung,” ujar Yus, yang telah berjualan di pasar itu selama 18 tahun.
Diakui oleh Yus, pada masa seperti Idul Adha, jumlah permintaan masyarakat cukup tinggi terutama untuk peralatan bakaran sate, arang kayu dan tusuk sate.
Meski permintaan tinggi, namun harga peralatan bakaran sate masih relatif stabil dan tidak mengalami kenaikan.
“Ya kalau sekarang, permintaan naik 20 persen. Kalau hari biasa saya biasa menjual 1 sampai 2 kwintal kayu arang, sekarang 2 kwintal lebih. Kenaikanya rata rata 20 persen,” tuturnya, Rabu (22/8/2018).
Satu ikat tusuk sate dijual ke pembeli seharga Rp. 3.500, kayu arang Rp. 4.000, serta tempat panggangan antara Rp. 10.000-Rp. 20.000.
“Meski permintaan cukup banyak, harga masih tetap normal seperti hari biasa,” imbuhnya.
Menurutnya, kebanyakan masyarakat yang membeli peralatan bakaran sate berasal dari kalangan masyarakat umum, pedagang eceran, maupun pondok pesantren.
“Kalau pondok pesantren, biasanya jauh hari sebelum Idul Adha sudah pesan terlebih dahulu. Kalau warga biasa, ya untuk kumpul sama keluarga.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.