Hari Peduli Sampah Nasional, Anggota Polresta Kediri Belajar Pilah Sampah

Wawan Gandakusuma - 21 February 2019
Belajar pilah sampah, ratusan personel Polresta Kediri peringati Hari Peduli Sampah Nasional, di TPA Mojoroto, Kota Kediri, Kamis (21/2/2019). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

Kota Kediri, SR – Lebih dari 300 personel anggota Polres Kediri Kota ikut dilibatkan dalam kegiatan pemilahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Mojoroto, kawasan Gunung Klotok, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (21/2/2019). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional. Ratusan aparat berseragam coklat ini diberikan edukasi mengenai jenis sampah, mana yang bisa didaur ulang dan tidak.

“Kita mengadakan bersih-bersih di sekitar TPA, di samping ada hanggar. Ada yang direduce (dimusnahkan) dan direcycle (didaur ulang). Ini kita pisahkan,” terang Wakapolres Kediri Kota, Kompol Iwan Sebastian.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh internal dari anggota Polres Kediri Kota saja, melainkan juga jajaran Bhayangkari, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Polresta Kediri, serta melibatkan unsur Pasukan Hijau dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri.

Wakapolres juga menitipkan pesan untuk peduli dengan lingkungan sekitar, apalagi saat ini memasuki musim penghujan. Karena imbas dari membuang sampah secara sembarangan, bisa berdampak terhadap munculnya berbagai penyakit.

“Kebersihan lingkungan harus benar-benar diperhatikan, mengingat juga ini musim hujan. Ini bisa menjadi sumber penyakit,” imbuh Iwan Sebastian.

Layaknya petugas kebersihan, para personel kepolisian ini dibekali peralatan seperti cikrak, sapu dan sekop. Tanpa rasa canggung, mereka dengan sukarela melakukan tugasnya.

Sekedar informasi, data dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri mencatat volume sampah yang masuk ke TPA Mojoroto ini mencapai 120 ton per hari, dengan luasan lahan TPA lebih dari tiga hektar. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.