Hari Ini, Jokowi Dijadwalkan Tanda Tangan Persetujuan Bandara Kediri

Yovie Wicaksono - 17 July 2018
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-72 (foto : Istimewa)

SR,Kediri – Hari Ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan penandatanganan persetujuan pembangunan bandara di Kabupaten Kediri. Penegasan ini disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan kepada Super Radio.

Luhut mengatakan, bandara yang dibangun di Kediri akan bertaraf internasional. Diharapkan, dengan adanya bandara tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. ” Bandara, mungkin hari ini Presiden akan tanda tangan menjadi proyek strategis nasional. Jawa sebelah sini akan memiliki bandara Internasional, itu akan membantu kegiatan disini,” ujarnya.

Ditambahkan Luhut, untuk pembangunan bandara diperkirakan membutuhkan tambahan luasan tanah sekitar 50 hektar yang dipergunakan sebagai landasan pacu (run away). “Saya pikir hanya masalah teknis saja. Saya kira kendalanya dibutuhkan 50 hektar lagi, hanya untuk run away karena perubahan arah,” katanya.

Tambahan 50 hektar belum diketahui apakah mengambil wilayah kota atau kabupaten Kediri. Tujuan dari tambahan 50 hektar itu adalah untuk menghindari Gunung Klotok yang berada tak jauh dari lokasi bandara.

Seperti diketahui, pembangunan bandara diperkirakan akan dimulai pembangunan pada periode awal 2019. Luas bandara diperkirakan mencapai kurang lebih 500 hektar. Pembangunannya dibayai oleh salah satu perusahaan rokok di Kediri yang nilainya diperkirakan mencapai trilunan rupiah. Lokasi bandara berada di barat sungai Brantas, atau masuk wilayah kabupaten Kediri. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.