Hak Beasiswa untuk Anak Yatim Piatu di Jember

Yovie Wicaksono - 27 December 2018

SR, Jember – Bupati Jember Faida, berjanji akan memberikan hak beasiswa kepada anak-anak yatim piatu yang disampaikan dalam Kongres Anak Yatim Piatu yang digelar di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (26/12/2018).

“Pemerintah Kabupaten Jember melalui peraturan bupati telah berkomitmen seluruh anak yatim piatu di Jember berhak atas beasiswa sekolah sampai perguruan tinggi dengan menggunakan biaya Pemkab Jember,” kata Faida dalam sambutannya di Kongres Anak Yatim Piatu di Jember.

Pemkab Jember menggelar Kongres Anak Yatim Piatu dengan melibatkan sebanyak 5.000 anak di Kabupaten Jember dan kongres tersebut merupakan tahap pertama karena jumlah anak yatim piatu di Jember lebih dari 10.000 anak.

“Dengan adanya kongres itu maka bisa mendata lebih lengkap dan diketahui bahwa 80 persen dari anak yatim piatu belum mempunyai kartu identitas anak (KIA) dan akta kelahiran,” tuturnya.

Selain beasiswa, Pemkab Jember telah bekerjasama dengan angkutan kota dan angkutan perdesaan serta ojek untuk mengantar anak sekolah yang berasal dari anak yatim piatu, sehingga anak sekolah tersebut mendapatkan kupon transportasi dari pemerintah.

“Anak yatim piatu sejatinya adalah warga VVIP yang harus mendapatkan perhatian khusus dan menjadi tanggung jawab besar kita semua,” katanya.

Yatim piatu bukan sekedar masalah sosial, perhatian kepada yatim piatu merupakan tuntunan agama, sehingga program-program untuk yatim piatu akan diseriusi lebih lanjut lagi terkait kebutuhan anak yatim piatu di Kabupaten Jember.

Bupati Faida juga berjanji memfasilitasi anak yatim piatu untuk rekreasi bersama, menikmati taman-taman hijau, dan permainan-permainan di Jember .

Kongres Anak Yatim Piatu itu juga akan diselenggarakan setiap tahunnya selama masa jabatan Bupati Jember Faida dan Wabup Jember A. Muqit Arief. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.