Hadapi Arus Mudik, Pelabuhan Ketapang Siapkan Kantong Parkir

Petrus - 3 June 2017
Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Jumlah penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan di Pelabuhan ASDP Ketapang-Gilimanuk, pada lebaran tahun ini diprediksi mengalami peningkatan hingga 7 persen.

Sebagai antisipasi datangnya arus mudik dan balik Lebaran 2017 dan lonjakan penumpang di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, pihak pengelola pelabuhan menyiapkan kantong parkir kendaraan di luar pelabuhan.

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Elvi Yoza mengatakan, kantong-kantong parkir untuk para pemudik yang akan menyeberang ke Bali maupun dari Bali menuju Banyuwangi telah disiapkan di beberapa titik di Ketapang dan Gilimanuk.

“Kita akan cek ke sana, dan kita sudah koordinasi dengan Pelindo, PJKA dan di Bulusan, sama di Jalan Lingkar. Dan kalau di Gilimanuk itu ada di Gelungkori di sana ada 3,5 hektar,” ujar Elvi Yoza, Jumat (2/5/2017).

Kantong parkir itu, kata Elvi, dipergunakan untuk mengurai antrian yang kemungkinan terjadi saat arus penumpang datang. Tempat itu tidak hanya digunakan untuk parkir roda 4, tapi juga dimungkinkan untuk kendaraan roda 2.

“Kita akan pastikan tempatnya seperti apa, apakah hanya untuk roda 4 atau roda 2. Kalau memang memadai nanti akan kita dirikan tenda untuk menampung kendaraan roda dua juga,” ungkapnya.

Sejauh ini, untuk angkutan Lebaran 2017, PT ASDP Indonesia Ferry telah menyiapkan sebanyak 49 armada kapal, 7 dermaga di Ketapang dan di Gilamanuk. Tambahan lain, penyeberangan di Selat Bali itu juga berencana akan menambah petugas manifest di masing-masing pelabuhan.

“Rencananya kita juga akan menambah petugas manifest sebanyak 12 orang,” pungkasnya.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.