Gus Ipul Janji Sejahterakan Pekerja UMKM Jatim

Petrus - 21 April 2018
Saifullah Yusuf melakukan kunjungan ke pusat kerajinan dan UMKM di Ponorogo (foto : Superradio/Gayuh Satria)

SR, Ponorogo – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf bertemu dengan pelaku UMKM dalam kunjungannya ke Ponorogo. Saifullah Yusuf mengunjungi tempat pembuatan Batik tulis dan pembuatan jenang dodol khas Ponorogo.

Dalam kunjungannya ke pembuat Batik, pria yang akrab disapa Gus Ipul ini melihat dari dekat proses pembuatan dan pemasaran Batik di Ponorogo. Menurutnya, Batik merupakan warisan dunia dari Indonesia, yang tantangan saat ini ada pada kreativitas dan inovasi dari para pebatik.

“Ada pasar yang senang model-model klasik Batik tulis seperti ini memang ada, tinggal desainnya, model-modelnya, kita ingin research pasar, kalo kita dipercaya kita akan research pasar,” kata Gus Ipul, Sabtu (21/4/2018).

Sementara itu saat berada di sentra pembuatan jenang, Cagub Jawa Timur nomor urut 2 ini juga menuturkan, saat ini 97 persen tenaga kerja di Jawa Timur terserap di industri UMKM, sedangkan sisanya diserap Industri besar dan menengah. Dalam progamnya terkait UMKM, Gus Ipul juga menyampaikan akan membuat kebijakan yang mendorong dan melindungi UMKM agar bisa menguasai pasar.

“Saya dengan Mbak Puti punya semacam pendekatan untuk melihat dunia usaha kita, yang besar kita jaga, yang menengah di fasilitasi, dan UMKM harus kita bela,” tuturnya.

Gus Ipul juga berharap agar di masa mendatang, seluruh pekerja di sektor UMKM dapat menjadi peserta BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan, dengan cara mandiri maupun dibantu pemerintah.

Ia juga mengatakan, untuk mengurangi beban pengeluaran para pekerja, anak-anak mereka yang bersekolah di tinggkat SMA/SMK juga akan mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Jika SD dan SMP ada dana BOS, maka SMA menjadi tanggungan Pemprov, saya dan Mbak Puti ingin memberikan dukungan pada siapa pun yang tidak cukup mampu, untuk bisa memberikan beasiswa penuh pada saat sekolah di tingkat SMA/SMK,” Pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.