Guruh Soekarnoputra Ajak Petani Hutan di Lereng Kaki Gunung Kelud Perangi Hoax

Yovie Wicaksono - 7 April 2019
Guruh Soekarnoputra berkunjung di Desa Asmoro Bangun, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, pada Sabtu (06/04/2019) malam. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Putra sulung pendiri bangsa, Guruh Soekarnoputra mengajak masyarakat yang tinggal di lereng kaki gunung Kelud untuk bisa memfilter derasnya arus informasi yang masuk, agar tidak terjebak pada berita hoax yang bersifat menyesatkan dan membunuh karakter orang lain.

Himbauan ini disampaikannya dihadapan ratusan petani saat berkunjung di Desa Asmoro Bangun, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, pada Sabtu (06/04/2019) malam.

Kedatangan pria yang berprofesi sebagai seniman dan calon anggota legislatif DPR RI dari PDI-Perjuangan, daerah pemilihan (dapil) 6 Jawa Timur, nomor urut 2 ini dalam rangka kampanye, mengajak semua elemen masyarakat untuk memenangkan pasangan calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo – KH Ma,aruf Amin pada perhelatan Pilpres 17 April 2019 mendatang.

Disampaikan Ketua Perkumpulan Kelompok Tani Hutan (PKTH) Danar Kelud, Budiono mengatakan, Guruh Soekarnoputra merupakan salah satu tokoh yang selama ini membantu para petani hutan, terutama dalam mengurus IPHPS (Izin Pengelolaan Hutan Perhutanan Sosial).

“Mas Guruh telah memberikan jasa yang luar biasa kepada kami terkait pengajuan IPHPS, hingga tanggal 26 Maret kemarin sudah sampai pada tahap verifikasi objek,” kata Budiono. Ia pun berharap agar pada kontestasi Pemilu 17 April mendatang Guruh Soekarnoputra  bisa kembali terpilih.

Sementara itu ditempat yang sama, Edy Santoso, yang merupakan salah satu pendamping sekaligus penggerak aspirasi warga di Kecamatan Kepung, Puncu dan Kandangan mengatakan, memperjuangkan IPHPS para petani hutan merupakan langkah penting. Sebab, kehidupan serta kesejahteraan mereka selama ini bergantung pada hutan.

“Kita semua tahu bahwa para petani hutan, khususnya di wilayah lereng Gunung Kelud ini menggantungkan hidupnya pada hutan. Dengan adanya peraturan yang dibuat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait IPHS, maka sudah tugas kami untuk membantu mereka. Tujuannya, adalah demi kedaulatan pangan,” kata Edy Santoso yang tahun ini juga maju sebagai Caleg DPRD Kabupaten Kediri dari PDI-Perjuangan untuk dapil 3 (Kepung, Puncu, Kandangan) dengan nomor urut 3 ini. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.