Gubernur Jawa Timur Minta Semua Pihak Wujudkan Pilkada Aman dan Kondusif

Yovie Wicaksono - 15 February 2018
Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama Forkopimda Jatim hadiri Simulasi Pengamanan Pilkada di Kodam V Brawijaya (foto : Humas Pemprov Jawa Timur)

SR, Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo meminta pemerintah daerah, TNI, Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan insan pers, untuk selalu kompak dalam mewujudkan keamanan dan kondusifitas masyarakat pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

Kelancaran pelaksanaan Pilkada sangat penting, kata Soekarwo, sebagai salah satu penunjang terciptanya keadilan dan demokrasi di Jawa Timur.

“Kita tetap harus lebih waspada dengan kondisi sebenarnya di lapangan, yang lebih penting adalah semua harus kompak” tegasnya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, simulasi pengamanan telah dilakukan pihak Kepolisian untuk mengantisipasi kondisi yang paling parah. Namun dirinya optimis Pilkada serentak di Jawa Timur dapat berjalan dengan aman dan lacar.

“Kita tidak bisa menganggap Pilkada besok aman-aman saja. Maka kemungkinan terburuk seperti kerusuhan massal, kita tampilkan cara penanganannya. Kita siap untuk mengamankan pilkada 2018” kata Machfud Arifin.

Pihak aparat keamanan menyiapkan enam skenario sebagai upaya pengamanan Pilkada. Keenam skenario yang melibatkan unsur TNI, Polisi, serta Satpol PP itu meliputi, pengamanan saat pendistribuisian surat suara, pengamanan saat masa kampanye, pengamanan saat masa tenang, pengamanan saat pencoblosan, pengamanan saat penetapan pemenang Pilkada dan pengamanan pasca Pilkada.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.