Gubernur Jatim Dorong Kebudayaan Sebagai Penangkal Paham Radikal

Petrus - 7 June 2018
Gubernur Jawa Timur Soekarwo memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seniman berprestasi Jawa Timur di Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Timur (foto : Humas Pemprov Jawa Timur)

SR, Surabaya – Gubernur Jawa Timur menyebut kebudayaan memiliki peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk dalam upaya menghaluskan sesuatu yang kasar, dan membangung peradaban.

“Seorang ahli mengatakan, bila suatu negara ingin makmur dan maju, maka basis pembangunanya adalah kebudayaan. Maka basis pembangunan Jawa Timur selain spiritual adalah budaya yang menghaluskan peradaban,” kata Soekarwo.

Soekarwo mengatakan, kebudayaan mampu menjadi alat penangkal atau solusi terhadap kekerasan, termasuk masalah radikalisme dan terorisme yang harus terus dilawan melalui pendekatan budaya dan hati.

“Banyak orang-orang yang merasa sepi di tempat ramai, kelihatannya banyak orang tapi mereka disingkirkan dari komunitas. Disingkirkan karena lemahnya budaya dan peradaban. Orang-orang seperti inilah yang harusnya dirangkul,” tegasnya.

Terorisme atau ekstrimisme kata Soekarwo, merupakan paham yang subyektifitasnya sangat berlebihan dan menganggap orang lain sangat ekstrim. Peran budaya sangat penting untuk merangkul pihak-pihak yang berpikiran ekstrim.

“Disinilah ciri budaya yakni merangkul kemudian menyapa. Bila ingin Jatim lebih damai maka doronglah seniman dan budayawan untuk terus berkarya,” lanjut Soekarwo.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.