Festival Anak di Kediri

Yovie Wicaksono - 17 December 2018
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam acara Festival Anak Kelurahan Kampung Dalem, Kediri. Foto : (Istimewa)

 SR, Kediri – Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menyelenggarakan kegiatan Festival Anak Kelurahan Kampung Dalem, Kediri, dengan harapan mendorong anak-anak semakin berkreasi.

Melansir Antara, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bersama forum anak dan bertemu dengan anak-anak, ia ingin agar mereka membawa Kota Kediri yang semakin baik lagi ke depannya.

“Saya berharap gol akhir dari anak-anak yang ada di Kota Kediri ini harus lebih hebat. Kami hanya mengarahkan agar mereka tidak tersasar, kalaupun tersasar harus ke arah yang benar,” kata Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri, Minggu (16/12/2018).

Mas Abu juga mengimbau para orang tua tidak memberikan telepon pintar pada anak-anak, sebab dikhawatirkan anak-anak bisa salah jalur akibat terlalu asyik bermain gawai.

Mas Abu justru mendorong berbagai kegiatan yang melibatkan kreativitas anak agar mereka bisa belajar bersosialisasi dengan baik. Mereka diajarkan untuk dialog langsung tanpa memanfaatkan telepon pintar.

“Di zaman globalisasi ini jarang ada orang yang bersilaturahim, silaturahimnya lewat sosial media saja. Lebih baik kan anak-anak kita ini dibiasakan untuk bersosialisasi lewat bermain,” katanya.

Mas Abu menjelaskan, banyak aktivitas untuk bersosialisasi, seperti sepak bola, bersepeda dan permainan anak.

“Mereka bisa bertemu dengan orang-orang, sehingga mereka bisa berkembang, sudut pandang mereka menjadi lebih luas sekali. Kalau pandangannya luas, mereka akan mencari peluang-peluang usaha dan insya Allah nanti rezekinya juga akan banyak. Itu sudah janji Tuhan,” ujarnya.

Mas Abu juga mengajak seluruh orang tua untuk mendidik anak dengan sebaik-baiknya. Anak-anak didorong untuk menggapai yang menjadi cita-cita mereka dan diberi motivasi untuk meraihnya.

“Kalau mereka bilang ingin bertani, bimbing saja. Siapa tahu nanti mereka bisa bikin pabrik pupuk. Sekarang ini sebenarnya anak-anak kita sudah mulai bijak dalam mengambil keputusan, hanya perlu kita arahkan. Kita butuh anak-anak yang bermental baja,” ujarnya.

Mas Abu juga meminta seluruh orang tua untuk mengarahkan anak dengan baik dan tidak menggunakan kata-kata yang kasar, serta selalu menghargai dan menghormati orang lain.

Sementara itu, dalam acara tersebut, Mas Abu sempat bermain catur dengan Gelfan, siswa kelas empat dari SDN Kampung Dalem, Kota Kediri. Hanya dalam hitungan beberapa langkah, Mas Abu harus mengakui kehebatan Gelfan dalam bermain catur.

“Dengan bermain seperti ini, mereka bisa saling berinteraksi dengan teman-temannya. Ini baik untuk perkembangan mereka ke depannya,” ujarnya.

Beberapa simbolis mainan motorik juga diberikan Mas Abu kepada Ketua RW. Selain itu, ada juga pemberian hadiah sepeda untuk lomba shalat shubuh berjamaah. Hadiah ini diberikan agar bisa meningkatkan semangat anak-anak dalam beribadah dan meningkatkan akhlaq yang baik. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.