Federated States of Micronesia, Negara Kecil nan Indah

Yovie Wicaksono - 2 February 2018
Salah satu peninggalan penjajah Spanyol di Negara Federated States of Micronesia (foto : Istimewa)

SR, FSM – Kawasan Pasifik Selatan terdapat sejumlah negara kecil yang berbentuk kepulauan.  Banyak negara bekas jajahan yang dapat berdiri dengan kondisi rakyat yang sejahtera. Salah satunya yakni Negara Federated States of Micronesia.

Memiliki luas sekitar 702 km2, FSM termasuk salah satu negara dengan kondisi alam yang sangat indah. Begitu mendarat di bandara Phonpei, kita akan melihat pemandangan hutan hijau yang juga dipenuhi banyak bebatuan alam.

Masuk ke dalam, kita akan disuguhi pemandangan sisa-sisa peninggalan bekas penjajah negara tersebut. Ada gereja dan sekolah yang merupakan bekas peninggalan Spanyol. Ada juga bangunan-bangunan yang didirikan oleh Amerika Serikat.

Di FSM, terdapat kawasan piknik yang merupakan hamparan laut. Ada tempat khusus untuk warga menikmati keindaha laut dengan berenang. Untuk tiba ke kawasan piknik itu, kita masih disajikan pemandangan yang indah, dimana banyak bukit-bukti menjulang tinggi dan juga batu-batuan.

“Saya berharap kalian dapat stay di sini dan menikmati pemandangan yang ada di sini,” kata Presiden FSM, Peter M. Christian, ketika menyambut rombongan dari Indonesia, Jumat (2/2/2018).

Federated States of Micronesia merupakan negara kepulauan yang memiliki empat negara bagian dari barat ke timur, yaitu Yap, Chuuk, Phonpei dan Kosrae. Negara ini memiliki sekitar 800 ribu penduduk dengan kondisi perekonomian yang cukup baik. Karena mayoritas kendaraan yang mereka gunakan adalah mobil, sehingga tak jarang banyak mobil bekas yang tak terpakai terparkir bebas di jalanan.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.