Evaluasi Lebaran, Menko Polhukam Pastikan Semua Terkendali

Petrus - 5 July 2017
Rakor yang dipimpin Menko Polhukam membahas evaluasi pelaksanaan lebaran 2017 (foto : Superradio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan melaksanakan rapat koordinasi tingkat menteri, yang membahas beberapa agenda terkait masalah politik hukum dan keamanan nasional. Salah satu yang menjadi fokus dalam rakor tersebut yaitu mengenai masalah pasca lebaran.

“Tadi kita membahas masalah pasca lebaran, bagaimana pengendalian harga-harga bahan pokok sembako, ternyata bagus dan bisa dikendalikan dengan baik, relatif stabil,” kata Menko Polhukam Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta.

Dikatakan, hal ini menjadi satu pengalaman baru dimana selama lebaran harga-harga yang cukup stabil baru sekarang terjadi.

“Berarti ada keberhasilan dari pemerintah untuk mengendalikan harga-harga itu. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk melaksanakan lebaran, yang memang harus diwarnai dengan kebutuhan yang dapat mencukupi masyarakat untuk bisa berlebaran dengan layak,” kata Wiranto.

Rakor juga membahas mengenai masalah mudik lebaran. Wiranto mengatakan dengan usaha yang ekstra keras, bahkan dari berbagai kementerian dan lembaga terkait maupun dari kepolisian dan TNI, sehingga mudik lebaran dapat dikawal dengan baik dan relatif lancar. Begitu pula dengan arus balik yang dinilai relatif bagus. Karena dari awal pemerintah sudah melakukan satu perencanaan yang cukup sistematis.

“Saya mengikuti terus perkembangan rapat yang menyangkut masalah mudik lebaran, dan terbukti angka kematian kecelakaan lalu lintas pada mudik lebaran turun drastis. Dulu pernah 800, 700, pernah 400, terakhir itu 300 sekian, sekarang turun, dari 300 turun 42 persen, berarti tinggal 100 sekian. Meskipun kita sangat sesalkan bahwa masih ada korban manusia tetapi dari rasionya menurun sangat bagus, sehingga kita jadikan satu pengalaman bahwa nanti untuk berikutnya kita lebih baik lagi,” tandas Wiranto.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.