Duta Besar Amerika Serikat Bahas Kerjasama Ekonomi dengan Jawa Timur

Petrus - 1 March 2017
Gubernur Jawa Timur Soekarwo menerima kunjungan Dubes Amerika Serikat Joseph R Donovan Jr di Gedung Negara Grahadi Grahadi, Rabu 1 Maret 2017 (foto : Superradio/Srilambang)

SR, Surabaya – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr melakukan kunjungan ke Jawa Timur sebagai Duta Besar yang baru sejak Januari 2017, menggantikan Robert O. Blake. Duta Besar Joseph Donovan bertemu Gubernur Jawa Timur Soekarwo, di Gedung Negara Grahadi, di Surabaya, Rabu (1/3/2017).

Donovan menegaskan komitemen Pemerintah Amerika Serikat, untuk meningkatkan hubungan kerjasama dengan Provinsi Jawa Timur yang telah terjalin baik selama ini. Investasi perdagangan dan industri akan terus dilakukan, termasuk akan mendatangkan kembali delegasi dagang dan perusahaan waralaba asal Amerika Serikat ke Jawa Timur.

“Tahun kemarin (2016) kita ada delegasi perdagangan ke Jawa Timur, yang pada akhirnya membuat perusahaan besar Amerika Serikat itu memutuskan untuk berinvestasi di Jawa Timur,” kata Donovan.

Pada bulan April 2017 Pemerintah Amerika Serikat rencananya akan mengadakan pameran waralaba, dengan mendatangkan perusahaan-perusahaan waralaba dari Amerika Serikat sambil melihat peluang bisnis di Jawa Timur.

“Dalam tiga tahun terakhir, investasi perusahaan-perusahaan Amerika Serikat di Jawa Timur mencapai angka 900 milyar dolar Amerika Serikat,” lanjut Donovan.

Amerika Serikat juga ingin meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan, melalui penambahan jumlah pelajar dari Jawa Timur yang akan dikirim kuliah di Amerika Serikat.

“Saya juga tertarik untuk meningkatkan jumlah pelajar Indonesia yang belajar di Amerika Serikat. Tahun kemarin jumlah pelajar dari Indonesia yang kuliah di AS meningkat hingga 14 persen,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Soekarwo membuka diri untuk penambahan investasi Amerika Serikat di Jawa Timur. Kerjasama dengan Jawa Timur adalah pintu masuk untuk meningkatkan kerjasama dengan provinsi lain di Indonesia Timur.

“Kalau mempererat kerjasama dengan Amerika Serikat juga mempererat dengan Indonesia bagian timur, ini dalam rangka mengurangi disparitas antara Jawa dan luar Jawa,” kata Soekarwo.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.