DPP PDI Perjuangan Serap Aspirasi Para Ulama Jawa Timur Jelang Pilgub 2018

Petrus - 8 September 2017
Wasekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah memberikan keterangan pers terkait Pilgub Jawa Timur 2018, usai bertemu dengan pimpinan Pondok Pesantren Lirboyo, KH Anwar Iskandar (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sejumlah petinggi partai dari DPP PDI Perjuangan mengunjungi Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Kamis (7/9/2017) sore. Mereka berkunjung ke kediaman Kyai Haji Anwar Mansyur. Beberapa Kyai sepuh dan nokoh Nahdlatul Ulama (NU) nampak hadir dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih dua jam itu.

Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, menyatakan tujuannya bersilaturahim ke Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, atas perintah dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Ibu Mega mengamanahkan kepada kami sebagai generasi muda, untuk melanjutkan tradisi baik yang dilakukan sejak jaman kemerdekaan,” kata Ahmad Basarah, yang juga merupakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

Pembicaraan berlangsung secara tertutup di kediaman KH Anwar Mansyur, yang diperkirakan untuk membicarakan mengenai Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, pada Pilgub 2018 mendatang.

“Kyai NU bersepakat untuk Pilgub Jawa Timur ini memperjuangkan dan mendukung lahir batin Saifullah Yusuf sebagai Calon Gubernur Jawa Timur,” ujarnya.

Selain beberapa rekomendasi lain yang dibicarakan, pertemuan ini juga meminta Partai Kebangkitan Bangsa untuk mendukung Saifullah Yusuf yang telah mendaftar di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

“Para Kyai menyerahkan sepenuhnya Calon Wakil Gubernurnya kepada Ibu Megawati Soekarnoputri. Dua pesan itulah nanti yang akan saya sampaikan kepada Ibu Megawati hari minggu besok, kebetulan ada rapat kerja partai di Kota Malang,” tegasnya.

Dalam rapat kerja partai yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Basarah mengaku tidak tahu siapa sosok atau figur yang nantinya akan mendampingi Saifullah Yusuf untuk maju dalam Pilgub Jawa Timur.

Sementara itu, tokoh NU KH Anwar Iskandar menegaskan, bahwa para Kyai mendukung sepenuhnya Saifullah Yusuf untuk maju menjadi orang nomer satu di Jawa Timur.

“Beliau ingin mendengar suara para Kyai seperti apa. Dan untuk Pilgub, para Kyai satu kata yaitu Saifullah Yusuf. Sedangkan untuk Calon Wakil Gubernur kita serahkan sepenuhnya kepada ibu Mega,” tandas KH Anwar Iskandar.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.