Dongkrak Hasil Produksi Telur, BI Kediri Buat Laboratorium Bagi Peternak Telur di Blitar

Petrus - 20 October 2018
SR, Kediri – Bank Indonesia Kediri membentuk cluster binaan peternak telur di wilayah Blitar, sebagai salah satu upaya mengatasi dan mengantisipasi kenaikan harga komoditi telur.
Keberadaan cluster ini sekaligus untuk meningkatkan produksi telur, selain karena Blitar merupakan salah satu daerah pemasok telur terbesar di Indonesia. Bahkan 70 persen ketersediaan telur yang ada di DKI  Jakarta saat ini merupakan produksi para peternak telur di Blitar.
“Salah satu cluster yang kita pilih adalah peternakan ayam telur. Karena kami melihat di Blitar ini merupakan produsen telur terbesar di Indonesia, dan penyuplai 70 persen telur ke DKI Jakarta,” kata Kepala BI Kediri, Joko Raharto.
Menurutnya, saat ini sudah ada koperasi yang menaungi para peternak telur di Blitar. Namun, kedepannya Bank Indonesia Kediri akan berperan untuk menguatkan kembali kelembagaan yang sudah ada. Penguatan yang dilakukan diantaranya dari sisi kapasistas, kemampuan teknis, hingga penguatan dari sisi produksi.
“Ini perlu kita kuatkan, yang pertama kelembagaanya sudah ada, koperasi. Kita perkuat untuk kapasitasnya, kemampuan teknisnya, kemudian juga dari sisi produksi, nanti kita kenalkan dengan teknologi yang bisa meningkatkan cara berproduksi telur,” ujarnya.
Sebagai wujud nyata yang sudah dilakukan Bank Indonesia Kediri, salah satunya yaitu diimplementasikan dalam bentuk bantuan pembuatan laboratorium, yang diakui memberikan dampak cukup positif.
“Salah satunya kemarin, sudah kita implementasikan, sudah kita bantu pembuatan laboratoriumnya dan ini memberikan dampak yang positif,” tandasnya.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.