Dinas Pertanian Banyuwangi Temukan Hewan Kurban Tidak Penuhi Syarat

Petrus - 25 August 2017
Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi gelar sidak kepada sejumlah pedagang hewan kurban, di sepanjang jalan Gajah Mada dan Kepiting (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi menemukan beberapa hewan yang belum memenuhi syarat sebagai hewan kurban, saat melakukan sidak di beberapa lokasi penjualan hewan kurban.

Sidak dilakukan di sepanjang ruas Jalan Kepiting dan Gajah Mada, oleh petugas dari Dinas Pertanian yang dibantu mahasiswa Unair Banyuwangi, dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Banyuwangi. Para petugas memeriksa satu per satu kambing di Jalan Gajah Mada dan Kepiting, dan ditemukan beberapa diantaranya belum cukup umur dan ada juga hewan kurban dalam kondisi sakit.

Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, Arief Setiawan mengatakan, hewan kurban yang dijual harus memenuhi persyaratan, diantaranya harus tanggal giginya atau usianya cukup, serta dipastikan sehat.

“Untuk itu kita himbau agar hewan itu tidak dijual,” tegas Arief.

Rata-rata hewan yang sakit menunjukkan suhu tubuh yang panas, sehingga pedagang harus memberi vitamin agar hewan kurban kondisinya menjadi bugar.

Tidak hanya kambing, ternak sapi untuk kurban juga menjadi sasaran sidak dari Dinas Pertanian. Beberapa sentra ternak sapi di Banyuwangi juga diperiksa oleh Dinas Pertanian, untuk memastikan kesehatan hewan kurban dan memenuhi syariat Islam.

“Diantaranya harus sehat, tidak cacat, tanduk lengkap, gigi tanggal, jantan dan tidak berpenyakit,” imbuhnya.

Sampai saat ini, stok hewan ternak untuk kurban di Banyuwangi masih sangat melimpah. Saat ini populasi sapi sebanyak 113 ribu ekor, sementara untuk kambing berkisar 150 ribu ekor.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.