Dinas Pendidikan Kota Surabaya Matangkan Persiapan UNBK dan USBN

Yovie Wicaksono - 18 February 2018
Ilustrasi. Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf saat meninjau ruangan yang dijadikan posko pelaksanaan UNBK 2017 se-Jatim di Kantor PT. Telkom Divre V Ketintang Surabaya (foto : Humas Pemprov Jawa Timur)

SR, Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan sejumlah langkah untuk menyukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), melalui penyiapan data anak-anak yang akan mengikuti ujian, serta beberapa tahapan untuk keberhasilan pelaksanaan UNBK dan USBN tahun 2018.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ikhsan mengatakan, UNBK dan USBN kali kedua ini diharapkan semakin baik melalui persiapan yang lebih matang, mulai tahapan persiapan hingga pelaksanaan.

“Semua kebutuhan sesuai dengan tahapan-tahapan sudah kita siapkan,” kata Ikhsan.

Ikhsan mengatakan, untuk sekolah yang telah mumpuni dalam hal sarana dan prasarana, dapat melaksanakan ujian secara mandiri, khususnya kesiapan dalam kebutuhan fasilitas komputer maupun ruangan.

Selain itu untuk SD dan SMP di Surabaya yang berada dalam satu naungan yayasan, dapat saling membantu. Sedangkan penjadwalan ujian dan penggunaan komputer dapat disesuaikan secara bergantian.

“Ketika SMP ujian, mereka bisa saling bantu untuk bergantian menggunakan fasilitas di SMA, SMK atau SD,” jelasnya.

Dinas Pendidikan juga telah menghimbau kepada sekolah dengan satu sub rayon terdekat untuk saling membantu, terutama sekolah yang memiliki sarana dan prasarana lebih, dapat melaksanakan ujian sebanyak dua sesi untuk membantu sekolah lain dalam satu sub rayon.

“Tahun ini kita tinggal memperkuat, karena semakin lama sudah semakin sedikit sekolah yang bergabung dengan sekolah lain,” lanjutnya.

Kepala Bagian layanan Pengadaan dan Pengelolaan Aset Pemkot Surabaya Noer Oemarijati mengatakan, disediakan 5.255 unit komputer bagi siswa-siswi SD/SMP se-Surabaya yang akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Anggaran yang dikeluarkan untuk persiapan UNBK sebesar Rp. 53,7 miliar.

“Sampai saat ini, jumlah nilai pekerjaan pengadaan komputer tahun ini sebesar 51,8 miliar,” ucap Noer di ruang kerjanya.

Setelah pelaksanaan UNBK selesai, komputer yang sudah dibagikan secara bertahap kepada sekolah negeri akan ditambah LCD di setiap kelasnya, untuk menunjang proses belajar siswa.

“Rencananya Pemkot akan membeli 415 LCD dengan total anggaran sebesar Rp 2,8 miliar,” tandasnya.

Data Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyebutkan, jumlah seluruh peserta ujian Sekolah Dasar (SD) sebanyak 44.290 peserta. Pelaksanaan ujian pada tanggal 3, 4, dan 5 Mei 2018. Sedangkan, ujian susulan pada tanggal 7, 8, dan 9 Mei 2018, terdiri dari tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Sementara, pengumuman kelulusan pada tanggal 4 Juni 2018.

Total lembaga penyelenggara ujian SD sebanyak 810 lembaga. Rinciannya, SD negeri sebanyak 306 lembaga, SD swasta 355 lembaga, Madrasah Ibtidaiyah (MI) negeri sebanyak dua lembaga, sedangkan MI swasta 147 lembaga.

Terkait USBN SD tahun ini terdapat perubahan pada soal ujian, dimana tahun ini terdapat soal ujian yang berisi esai. Rinciannya, pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 uraian, Matematika 30 pilihan ganda dan 5 uraian, sedangkan IPA 35 pilihan ganda dan 5 uraian.

Sementara total peserta ujian Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 42.246 peserta ujian. Dengan rincian, SMP negeri 16,726 peserta, SMP swasta 21.291 peserta, SMP terbuka 310 peserta, MTS negeri 942 peserta, dan MTS swasta sebanyak 2.603 peserta. Sedangkan untuk sekolah penyelenggara ujian terdiri dari SMP negeri  sebanyak 52, SMP swasta sebanyak 265, sekolah terbuka sebanyak 12 dan MTS sebanyak 3873 sekolah. Untuk UN terdiri dari empat mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Sementara untuk USBN SMP tahun ini terdiri dari semua mata pelajaran.

Jadwal pelaksaan ujian tingkat SMP, ujian nasional akan dilaksanakan pada tanggal 23-26 April, untuk susulan pada tanggal 8-9 Mei. Sedangkan USBN pada tanggal 9-13 April, 16-19 April, dan 2-3 Mei. Sementara untuk ujian susulan pada 30 April, 4 dan 5 Mei.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.