Di Turki, Jokowi Akan Perkuat Kerjasama di Bidang Perdagangan dan Kesehatan

Petrus - 6 July 2017
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangan pers terkait kunjungan Presiden Joko Widodo ke Turki (foto : Superradio/Niena Suartika)

SR, Turki – Presiden Joko Widodo akan menandatangani sejumlah kesepakatan kerjasama dengan pemerintah Turki. Salah satu yang menjadi fokus kerjasama yaitu di bidang perdagangan dan kesehatan.

“Penandatanganan nota kesepahaman ada dua, yang pertama kerja sama di bidang kesehatan dan kedua peluncuran negosiasi Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement atau kita singkat IT-CEPA,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kamis (6/7/2017).

Selain itu, Jokowi juga akan bertemu dengan tokoh penting di Turki seperti Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, serta mengunjungi tempat-tempat penting Mausoleum Attaturk (Anitkabir) yang merupakan makam Mustafa Kemal Ataturk, tokoh pendiri dan Presiden pertama Republik Turki.

Jokowi juga dijadwalkan akan menerima sejumlah CEO Turki yang bergerak di bidang pertahanan, industri perkapalan dan energi di Hotel JW Marriot, Ankara. Setelahnya, Presiden akan menghadiri pertemuan terbatas dengan 25 CEO Turki di tempat yang sama.

“Presiden akan bertemu dengan kalangan bisnis yang lebih luas. Kita tidak mengundang banyak orang tetapi hanya perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki minat yang sudah sangat tinggi untuk melakukan kerja sama dengan Indonesia,” kata Retno.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.