Datangi KPU Jawa Timur, Gus Ipul-Puti Guntur Daftar Pilgub Naik Becak

Petrus - 10 January 2018
Saifullah Yusuf (kanan) dan Puti Guntur Soekarno mendaftar Pilgub Jawa Timur 2018 ke KPU Jawa Timur (foto : Superradio/Wawan Gandakusuma)

SR, Surabaya – Ratusan orang berkumpul di halaman Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, di Jalan Kendangsari Industri 58 Surabaya, Rabu (10/1/2018) malam. Tarian Barongsai, Liang-Liong, serta Jaranan, menyambut kedatangan rombongan Puti Guntur Soekarno, sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur dari PDI Perjuangan.

Tak lama kemudian, menyusul rombongan Saifullah Yusuf sebagai Bakal Calon Gubernur juga datang ke Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Kedatangan Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno atau akrab disapa Mbak Puti, untuk mendaftarkan diri pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Mereka diantar rombongan dari partai pengusung dan pendukung, menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, di Jalan Tenggilis Mejoyo, tidak jauh dari markas partai berlambang Banteng moncong putih ini.

Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno, berangkat dengan menaiki becak dari kantor DPD PDI Perjuangan menuju kantor KPU Jawa Timur. Keduanya diiringi massa PDI Perjuangan dan PKB, selaku partai pengusung, untuk menyerahkan berkas pendaftaran. Selain PDI Perjuangan dan PKB, PKS dan Gerindra juga menyatakan dukungannya untuk pasangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno pada Pilgub Jawa Timur 2018.

Menurut Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, berdampingannya Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno merupakan peristiwa bersejarah, yaitu bersatunya cicit salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Wahab Chasbullah, dengan cucu Proklamator Kemerdekaan Indonesia Bung Karno, untuk rakyat Jawa Timur.

“Bagi Bu Megawati, Jatim adalah daerah yang sangat penting. Saya ditugaskan Bu Mega untuk memastikan pencalonan Pilgub Jatim, Gus Ipul dan Mbak Puti,” ungkap Ahmad Basarah, sebelum keberangkatan menuju kantor KPU Jawa Timur.

Sementaraitu, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi, menyebut Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno merupakan simbol representasi masyarakat religius dan nasionalis di Jawa Timur. Kusnadi berharap agar pasangan kandidat ini nantinya mampu memakmurkan Jawa Timur.

“Mari kita antarkan mereka mendaftar ke KPU. Keduanya merupakan wujud dari representasi masyarakat Jatim yang religius dan nasionalis,” ujar Kusnadi.

Kedatangan Gus Ipul dan Puti ke KPU Jawa Timur, selain diiringi Ahmad Basarah, Kusnadi, serta ratusan massa dari PDI Perjuangan dan PKB, juga tampak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya yang juga Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana mengiringi menuju Kantor KPU Jawa Timur.(wg/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.