Daop 9 Jember Rutin Lakukan Pengecekan Kereta

Yovie Wicaksono - 10 July 2017
Suasana Perbaikan Kereta Api di Depo Kereta di Stasiun Banyuwangi Baru, Senin (10/7/2017). Foto : (Superradio/Fransiskus Wawan)

SR, Banyuwangi – Setiap tiga bulan sekali Depo Kereta Api pada Daerah Operasi (Daop) 9 Jember yang berlokasi di Stasiun Banyuwangi Baru melakukan pengecekan rangka bawah dan rangka atas rangkaian gerbong kereta api baik kelas Ekonomi maupun Eksekutif.

Pengawas Depo Kereta di Stasiun Banyuwangi Baru, Tri Umrowanto ketika ditemui Superradio mengatakan pemeriksaan tersebut dalam rangka untuk kelancaran penggunaan sarana transportasi kereta api.

“Tiga bulan sekali kami selalu mengecek kesiapan sarana kereta api. Seperti pengecekan baut roda kereta, diameter roda kereta maupun pembersihan AC dari gerbong kereta api,” ujarnya, Senin (10/7/2017).

Tri menjelaskan,  pengecekan dilakukan secara teliti dan disesuaikan dengan standar operasional kereta api. Seperti membongkar roda kereta, hingga penggantian roda kereta api, agar kereta berjalan dengan baik.

Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas Depo, kemudian gerbong kereta api diuji coba untuk dirangkai dengan lokomotif dan dijalankan di sekitar Depo Kereta.

“Kalau sudah siap semuanya, maka gerbong Kereta Api sudah Siap Operasi (SO) dan bisa segera dioperasikan untuk angkutan penumpang, sesuai dengan rangkaian kereta mulai dari kelas ekonomi sampai eksekutif,” terangnya.

Total seluruh gerbong di Daop 9 Jember berjumlah 80 gerbong kereta yang terdiri dari 10 Kereta kelas Eksekutif atau K1, 10 gerbong kereta kelas Bisnis atau K2, sedangkan 60 gerbong sisanya adalah kereta kelas ekonomi atau K3.

Depo Kereta di Stasiun Banyuwangi Baru, sementara ini hanya melayani pengecekan gerbong kereta saja. Sedangkan untuk pengecekan dan juga servis lokomotif, dilaksanakan di Depo Kereta Stasiun Jember. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.