Curug Ciampea, Eksotisme Alam Bogor

Yovie Wicaksono - 26 April 2018
Pengunjung di Curug Ciampea, Kamis (26/4/2018). Foto : (Super Radio/ Nina Suartika)

SR, Bogor – Bagi para pecinta alam wisata alam seperti curug mungkin akan menjadi satu dari beberapa bagian yang wajib dikunjungi. Di Indonesia sendiri, curug atau air mancur yang berasal dari pegunungan akan banyak dijumpai, tidak terkecuali di Bogor, Jawa Barat.

Kota Bogor selain dikenal dengan kota hujan dan seribu angkot, banyak juga menyimpan keindahan alamnya, salah satunya curug. Jika berkunjung ke Gunung Bunder yang berada di kaki Gunung Salak, akan berjumpa dengan banyak curug seperti curug ngumpet, curug cigamea, dan banyak lagi. Namun, tidak jauh dari kawasan wisata Gunung Bunder, ada curug Ciampea yang bisa menjadi salah satu tujuan wisata.

Curug ini berada di Desa Tenjolaya, Ciampea, Bogor. Tempat ini terbilang wisata baru. Hal tersebut terlihat dari akses jalan menuju curug yang cukup sulit karena masih dipenuhi dengan pohon karet dan masih berupa tanah. Selain itu, para pengunjung harus berjalan hingga kurang lebih 20 menit untuk sampai ke curug. Jalanannya pun berupa bukit.

“Curug ini memang masih jarang dikunjungi, yang mengurus wisata di sini juga masih warga, ” kata salah satu warga di sekitar Curug Ciampea, Kamis (26/4/2018).

Namun, kelelahan itu akan terbayar ketika sudah tiba di Curug Ciampea. Pengunjung akan disajikan pemandangan alam berupa hutan yang lebat serta air mancur dari atas bukit. Jika sudah sore, kabut akan datang menyelimuti bukit tersebut.

Warga setempat menyebut curug ini dengan nama Cipata. Ada juga yang menamainya Green Lagoon. Disebut demikian, karena airnya yang masih bersih serta ada spot spot yang bisa dijadikan tempat untuk menyelam. Selain itu, suasananya juga masih sejuk.

Jika ingin ke Curug Ciampea, akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.