Cuaca Buruk, Harga Ikan Melambung

Yovie Wicaksono - 23 July 2018
Transaksi Pedagang Ikan Laut di Pasar Setono Betek, Kota Kediri, Senin (23/7/2018). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR,Kediri – Sejak dua minggu terakhir ini, sejumlah pedagang ikan laut di Pasar Setono Betek Kota Kediri mengeluhkan minimnya pasokan. Berkurangnya pasokan ikan laut tidak lepas dari cuaca ekstrem yang terjadi sekarang ini, sehingga banyak nelayan yang takut melaut. Akibatnya, telah membawa dampak pada kenaikan harga ikan laut.

Beberapa jenis ikan laut yang mengalami kenaikan harga tersebut adalah ikan tengiri yang sebelumnya dijual 60 ribu per kilogram, kini naik jadi 80 ribu, ikan tuna dari 60 ribu, jadi 100 ribu, ikan tongkal semula 30 ribu, naik menjadi 40 ribu. Ikan kakap dari 60 ribu menjadi 70 ribu, ikan kembung dari 35 ribu menjadi 40 ribu dan ikan dorang dari 60 ribu, jadi 70 ribu per kilogram.

Anton salah satu pedagang ikan laut Pasar Setono Betek mengatakan, sebelum cuaca buruk, kiriman ikan laut masih lancar. “Jika sebelumnya, pasokan lancar setiap hari selalu diberi. Untuk sekarang dikirim terkadang 2 sampai 3 hari. Bahkan pasokanya masing masing pedagang dikurangi. Biasanya kita dapat kiriman per hari 2 sampai 3 kwintal, tetapi sekarang paling antara 1 sampai 1,5 kwintal,” ujar Anton, Senin (23/7/2018).

Anton menjelaskan, pasokan ikan laut selama ini diperolehnya dari pengepul di wilayah Tuban dan Pantai Prigi Trenggalek. Menurutnya semenjak dua minggu terakhir ini, perubahan kenaikan harga, juga terjadi pada jenis ikan tawar. Penyebab naiknya harga ikan tawar ini, tidak lepas dari cuaca buruk yang terjadi sekarang ini, sehingga banyak bibit ikan yang mati.

” Gagal panen mas kalau jenis ikan tawar. Ikan gurami dari sebelumnya 35 ribu naik menjadi 40 ribu. Udang kecil dari 70 ribu jadi 80 ribu per kilo. Banyak bibit yang mati, karena cuaca dingin,” pungkasnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.