Citilink Indonesia Buka Rute Baru ke Banyuwangi

Yovie Wicaksono - 4 February 2018
Ilustrasi. Terminal Bandara Blimbingsari tampak pada sore hari (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia terus memperluas ekspansi jaringan penerbangannya dengan membuka rute baru Jakarta (Cengkareng)-Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai bagian dari strategi pengembangan bisnis maskapai, sekaligus mendukung percepatan internasionalisasi pariwisata setempat.

“Keinginan kuat Banyuwangi untuk memperkenalkan pariwisatanya ke level internasional, telah menjadi perhatian Citilink Indonesia sejak lama. Itu sebabnya kami memberanikan diri membuka rute baru ini untuk mendorong percepatan pariwisata tersebut, sekaligus meningkatkan konektivitas Banyuwangi dengan daerah lainnya di Indonesia,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo di Jakarta, saat melakukan teleconference dengan awak media di Banyuwangi beberapa waktu lalu.

Juliandra mengatakan, rute baru ini juga menjadi penghubung bagi daerah-daerah disekitarnya seperti Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Bali Barat yang juga menjadi kontributor perekonomian dan roda pariwisata Banyuwangi serta rute-rute dari destinasi prioritas Indonesia.

“Hal lainnya, adalah pertumbuhan ekonomi Banyuwangi dan juga Jawa Timur pada umumnya yang tergolong cukup tinggi mencapai 5,16 persen di triwulan ketiga 2017. Sebuah angka pertumbuhan ekonomi yang berkembang dengan baik,” katanya.

Selain itu, rute Banyuwangi juga merupakan kontribusi Citilink Indonesia dalam mewujudkan target pemerintah untuk memenuhi angka kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 20 juta kunjungan pada tahun 2019.

Pertumbuhan ekonomi Banyuwangi terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dimana pada tahun 2016 tercatat sebesar 6,01 persen, angka tersebut lebih tinggi dari provinsi Jawa Timur dan nasional, sehingga target tahun 2018 tercatat sebesar 6,57 persen.

Diharapkan dengan pembukaan rute baru ini dapat mendukung upaya pemerintah setempat dalam melakukan perbaikan infrastruktur, konsolidasi kekayaan budaya lokal serta konsolidasi masyarakat pariwisata.

Banyuwangi sendiri menawarkan keindahan pariwisata alam yang dikenal sebagai kawasan segitiga berlian, yaitu Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukamade, selain budaya dan kulinernya yang khas.

Penerbangan pertama rute baru Jakarta-Banyuwangi oleh Citilink Indonesia akan mulai mengudara pada 15 Februari mendatang dengan menggunakan pesawat jenis Boeing B-735 berkapasitas 120 penumpang untuk satu kali penerbangan setiap harinya.

Citilink Indonesia mulai membuka penjualan tiket penerbangan rute Jakarta – Banyuwangi sejak Senin, 5 Februari 2018 dengan keberangkatan dari bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Dengan 65 rute penerbangan dan 268 frekuensi penerbangan setiap harinya ke 32 kota di Indonesia dan regional, Citilink Indonesia semakin bersemangat untuk membuka rute Banyuwangi untuk membantu kemajuan dunia pariwisata dan perekonomian Indonesia.

“Masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya akan memiliki semakin banyak alternatif penerbangan langsung ke Jakarta dengan penambahan rute baru ini, juga menjadi salah satu upaya Citilink Indonesia untuk memaksimalkan pasar yang potensial,“ tambah Juliandra.

Sebelumnya, pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pariwisata telah mengumumkan 10 destinasi wisata branding baru yang memuat Banyuwangi pada salah satunya, yaitu Bandung, Bali, Jakarta, Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.