Bupati Ponorogo Bagikan 50 Unit Mobil Siaga Desa

Petrus - 26 July 2018

SR, Ponorogo – Pemerintah Kabupaten Ponorogo membagikan 50 Mobil Siaga Desa kepada sejumlah desa yang terpilih. Pembagian ini merupakan kelanjutan pembagian 40 mobil siaga desa pada 2017. Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengatakan, mobil siaga desa itu diberikan untuk melayani kebutuhan maayarakat di kawasan terpencil dan terluar, khususnya dalam hal layanan kesehatan.

“Jika tahun sebelumnya hanya 40 unit mobil, tahun ini sebanyak 50 unit mobil kita bagikan ke desa-desa yang telah memenuhi kriteria,” kata Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, Rabu (25/7/2018).

Ipong menjelaskan, kedepan dirinya akan mengusahakan lebih banyak lagi unit mobil siaga desa, hingga seluruh desa di Ponorogo mendapatkan unit mobil siaga desa. Sampai saat ini sudah ada 90 desa yang telah mendapatkan mobil, dari total 281 desa di Ponorogo.

“Tahun berikutnya kita mengupayakan sesuai kemampuan keuangan, sehingga kalau tahun depan kemampuannya 100 unit ya 100, kalau tidak mampu 100 ya 75, sesuai kemampuan keuangan,” terangnya.

Pembagian mobil siaga desa ini tidak lepas dari beberapa kriteria, sehingga pembagiannya diharapkan dapat adil dan merata. Beberapa kriteria yang diterapkan oleh Pemkab Ponorogo adalah tingkat kemiskinan, pertumbuhan ekonomi di desa, jumlah penduduk desa, jarak dengan pelayanan kesehatan terdekat, serta keadaan geografis suatu desa.

“Untuk kriteria tahun ini ditambah prestasi dengan bobot 7,5 persen, karena adanya aspirasi dari masyarakat dan kepala desa,” tuturnya.

Ipong berharap, dengan adanya mobil siaga desa ini kebutuhan warga untuk pelayanan kesehatan dapat lebih meningkat, termasuk juga pemanfaatannya untuk mengantar jenazah.

“Harapannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memudahkan mereka dalam mendapat layanan kesehatan, dan semoga dengan mobil ini jika mengantar jenasah yang jauh tidak harus jalan kaki,” pungkasnya.(gs/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.